androidvodic.com

Prabowo Angkat Masalah Kemanusiaan di Palestina di Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN 2023 - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengangkat persoalan kemanusiaan di Palestina dalam Pertemuan Menteri Pertahanan Se-ASEAN atau ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) ke-17 tahun 2023 di Senayan Jakarta pada Rabu (15/11/2023).

Dalam sambutannya, Prabowo mengatakan di era yang terhubung secara global saat ini, konflik di satu wilayah dapat berdampak besar pada negara-negara lainnya.

Sehingga, kata dia, perlunya upaya bersama baik di tingkat lokal maupun di seluruh dunia dalam mengatasi hal tersebut.

Meningkatnya konflik di berbagai kawasan di dunia, antara lain di Ukraina dan konflik yang masih berlangsung di Timur Tengah, akan menimbulkan krisis kemanusiaan yang parah.

"Izinkan saya berhenti sejenak di sini untuk menekankan bahwa Indonesia sangat sedih dengan memburuknya situasi di Gaza, khususnya kondisi kemanusiaan yang mengerikan. Tentu saja, kami terus memantau perkembangan di Gaza. Sikap Indonesia jelas dan tegas," kata Prabowo.

"Kami menginginkan dan menyerukan penghentian segera permusuhan dan segera menyiapkan koridor bantuan kemanusiaan, kekerasan terhadap penduduk sipil harus dihentikan," sambung dia.

Selain itu, kata dia, upaya untuk mencapai gencatan senjata harus terus dilakukan, dan jalur bantuan kemanusiaan yang aman harus diperluas dan dipercepat. 

Indonesia, kata dia, aktif berkomunikasi dengan berbagai pihak untuk mencari penyelesaian masalah ini dan mendorong koridor kemanusiaan bagi para korban di Gaza.

Selain itu, kata Prabowo, Indonesia tetap teguh dalam komitmen memberikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak bencana ini dan telah menyalurkan 21 ton dari 51 ton bantuan yang dijanjikan kepada Palestina hingga November 2023. 

Indonesia, kata Prabowo, akan terus membantu masyarakat Palestina.

Baca juga: Xi Jinping Tiba di California Temui Biden, Massa di Jalanan Teriakkan Gencatan Senjata Israel-Hamas

Ia mengatakan telah mengusulkan penempatan kapal rumah sakit untuk memberikan perawatan medis kepada para korban dari Gaza serta memperluas tawaran perawatan di rumah sakit kami di Indonesia jika diperlukan.

Prabowo menyadari kewajiban moral kami untuk membantu dengan cara ini dan menyerukan kepada semua negara untuk melakukan tindakan serupa guna membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina yang telah mengalami pengungsian dari rumah mereka selama beberapa dekade.

"Permasalahan ini mengingatkan kita betapa pentingnya bagi ASEAN untuk tetap bersatu dan waspada," kata dia. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat