androidvodic.com

Studi Inggris: Pesulap Tak Rentan Kena Gangguan Mental Dibanding Seniman Lainnya - News

News - Sebuah studi terhadap pesulap di seluruh dunia, menunjukkan bahwa ilusionis tidak rentan terhadap gangguan kesehatan mental dibandingkan seninam lainnya dan masyarakat umum.

Dilansir News YCombinator, penelitian ini dipimpin oleh Departemen Psikologi Universitas Aberystwyth.

Jurnalnya baru diterbitkan pada Rabu (15/11/2023) di BJPPsych Open.

Studi tersebut mengukur ciri-ciri psikopatologis dari hampir 200 pesulap.

Para pesulap direkrut dengan bantuan dari beberapa komunitas, seperti Magic Circle di Inggris, Society of American Magicians dan International Brotherhood of Magicians.

Peserta berusia dari remaja akhir hingga 90 tahun.

Gil Greengross, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa ini adalah penelitian pertama yang menunjukkan pesulap memiliki skor sifat psikotik yang lebih rendah dibandingkan populasi umum.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa pesulap tidak menunjukkan tingkat gangguan mental yang lebih tinggi," kata Greengross.

Baca juga: Pak Guru Pesulap Limbah Tekstil, Rangkul Tetangga Usung Misi Ekspor ke Luar Negeri

Pesulap John Shryock dan istrinya Mari Lynn tampil di Magic Castle, di Hollywood, California pada 13 Oktober 2021. Stereotip seorang pesulap bertopi tinggi yang melihat asisten wanitanya yang glamor dan berpayet menjadi dua masih bertahan di kalangan masyarakat luas, siapa yang bisa jarang menyebut nama artis selain Harry Houdini, David Copperfield, dan David Blaine. Meskipun pakaiannya telah berubah, hanya tujuh persen penyihir yang beroperasi saat ini adalah perempuan -- kira-kira sama dengan jumlah anggota elit
Pesulap John Shryock dan istrinya Mari Lynn tampil di Magic Castle, di Hollywood, California pada 13 Oktober 2021. (VALERIE MACON / AFP)

Seniman seperti musisi, pelukis, penulis sering dianggap sebagai kelompok yang "tersiksa dan sulit".

Namun penelitian ini mengungkapkan sebaliknya.

Peneliti kemudian membandingkan hasilnya dengan data dari kelompok seniman lain dan populasi umum.

Disimpulkan bahwa pesulap mendapat skor yang jauh lebih rendah dibandingkan seniman lain dan orang “normal” lainnya.

"Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan antara kreativitas dan psikopatologi lebih kompleks dari yang diperkirakan sebelumnya," lanjutnya.

"Meskipun pekerjaan mereka melibatkan ilusi untuk menyelidiki misteri, para pesulap cenderung tidak mengalami pengalaman yang tidak biasa seperti halusinasi atau disorganisasi kognitif," demikian temuan studi tersebut, dilansir dari The Guardian.

Baca juga: Ditipu Mantan Manajer hingga Alami Kerugian Ratusan Juta, Pesulap Pak Tarno: Uang Beli Mobil

Sara Crasson
Sara Crasson, seorang pesulap yang berbasis di New York, mengatakan sihir dapat menjadi cara untuk mengatasi kurangnya keterampilan sosial.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat