androidvodic.com

Israel Bak Kebal Hukum Bantai Gaza, Ini yang Bikin Negara-Negara Arab Cuma Diam, Iran Ikut Mundur? - News

Israel Seolah Kebal Hukum Bantai Gaza, Ini yang Bikin Negara-Negara Arab Cuma Diam, Iran Mundur?

News - Lebih dari 40 hari sejak Israel melakukan bombardemen Gaza sebagai balasan dan hukuman 'kolektif' atas serangan milisi pembebasan Palestina, Hamas pada 7 Oktober 2023 silam.

Bombardemen tanpa bulu ke wilayah-wilayah sipil di Gaza itu dilakukan Israel di tengah seruan, kecaman, dan kutukan dunia internasional atas tragedi kemanusian yang terjadi.

Toh, Israel bak kebal hukum, tak peduli itu soal hak asasi kemanusiaan atau soal aturan perang, Israel melakukan apa yang mereka anggap perlu dilakukan tanpa perlu menghiraukan pihak manapun, termasuk PBB atau bahkan sekutu abadinya, Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Damprat Rusia, Iran, dan Korut, Zelensky Sebut Israel Bisa Bertindak di Luar Hukum Internasional

AS di sisi lain, juga sibuk menerapkan standar ganda atas aksi Israel, menolak gencatan senjata dan cuma mendorong 'jeda' tetapi di balik layar meminta agar Israel segera menuntaskan misi pemberangusan Hamas dengan segala konsekuensinya.

Baca juga: Badan Intelijen Rusia: Di Balik Pintu, AS Serukan Israel Percepat Operasi Gaza, Demi Citra Biden

Di balik kelakukannya yang makin menodai kemanusiaan, Israel seperti tidak terhentikan siapapun di dunia, termasuk negara-negara Arab yang dianggap punya cukup kemampuan menandingi Tel Aviv.

Pun, sejauh ini, negara-negara tersebut baru sekadar melontarkan kutukan dan kecaman sambil berupaya memberikan bantuan sebisa mereka ke warga sipil Gaza, Palestina yang paling terdampak dari agresi militer Israel tanpa ada satu pun langkah nyata agar Israel berhenti menembak.

Lalu kenapa negara-negara di dunia, khususnya negara di Jazirah Arab, cenderung diam atas bombardemen tanpa pandang bulu ke Gaza

Ada Nuklir yang Berkuasa

Dalam sebuah ulasan di sputnik, Jurnalis independen, Sam Husseini memberikan analisis kalau persenjataan nuklir tersembunyi yang dimiliki Israel membuatnya seolah kebal atas hukum internasional dari dakwaan apapun termasuk atas kejahatan perang.

Seperti diketahui, isu kalau Israel punya persenjataan nuklir muncul saat para menteri Israel dan pejabat berwenang lainnya di Tel Aviv  memperdebatkan soal penggunaan senjata nuklir di Jalur Gaza, Palestina.

Sam Husseini menyebut, persenjataan atom Israel ini membuat sekutu atau negara-negara yang bersimpati dan membela Palestina 'berpikir dua kali' untuk menghentikan kekejaman Tel Aviv, termasuk para negara Arab dengan kekuatan militer mumpuni sekalipun.

"Senjata nuklir Israel yang tidak diumumkan memberikan para pemimpinnya impunitas (kebal) dalam melakukan kejahatan perang," kata jurnalis tersebut.

Seperti diketahui, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan perang di wilayah Palestina yang terkepung di Jalur Gaza menyusul serangan pada 7 Oktober di Israel selatan oleh sayap bersenjata gerakan Hamas dan kelompok militan lainnya.

Sejak itu Israel melakukan bombardemen brutal ke Gaza setiap hari, menyisakan sederet cerita duka tak terperi bagi pengungsi warga sipil, wanita, anak-anak, dan orang tua di sana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat