androidvodic.com

Korut Sukses Orbitkan Satelit Mata-mata Malligyong-1, Jepang dan AS Ketar-ketir - News

News, PYONGYANG - Korea Utara sukses meluncurkan satelit mata-mata militernya ke orbit pada hari Selasa, 21 November 2023 setelah dua kali peluncuran gagal dilakukan awal tahun ini.

Peluncuran tersebut diumumkan oleh KCNA pada Rabu pagi ini, 22 November 2023 dengan outlet media pemerintah mengklaim bahwa sebuah roket “secara akurat menempatkan satelit pengintai ‘Malligyong-1’ di orbitnya.”

Kepala staf gabungan Korea Selatan mengkonfirmasi peluncuran tersebut, dengan menyatakan bahwa proyektil tersebut bergerak ke arah selatan di atas Jepang.

Peluncuran satelit mata-mata Korea Utara ini memicu peringatan rudal balistik di Jepang, dan penduduk pulau Okinawa didesak untuk mencari perlindungan.

Peluncuran tersebut dilakukan setelah upaya yang gagal pada bulan Mei dan Agustus, keduanya jatuh ke laut tak lama setelah lepas landas. Setelah upaya kedua, Pyongyang memberi tahu Tokyo bahwa mereka akan mencoba sekali lagi antara akhir November dan awal Desember.

Pemerintah Jepang dan AS mengecam peluncuran tersebut, dengan Gedung Putih menyebutnya sebagai “pelanggaran terang-terangan” terhadap berbagai resolusi PBB, dan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menyebutnya sebagai “masalah yang sangat serius yang sangat mengkhawatirkan keselamatan rakyat kami.”

Kemampuan satelit Malligyong-1 tidak diketahui, dan tidak jelas apakah wahana tersebut berhasil menyiarkan data kembali ke Bumi. Korea Utara telah berhasil meluncurkan dua satelit sebelumnya, yang terakhir pada tahun 2016. Pyongyang menyatakan bahwa kedua satelit tersebut adalah bagian dari program luar angkasa sipilnya.

Dalam pengumuman terpisah di KCNA pada hari Selasa, badan antariksa Korea Utara menyatakan bahwa peluncuran terbaru ini merupakan respons terhadap “dorongan militerisasi luar angkasa Amerika Serikat dan para pengikutnya.”

Baca juga: Kim Jong Un akan Kembali Luncurkan Satelit Pengintai Militer, Jepang Mulai Waspada

Karena Jepang dan Korea Selatan sama-sama merencanakan peluncuran rudal dalam beberapa bulan mendatang, maka merupakan “hak kedaulatan” Korea Utara untuk merespons dengan cara yang sama, kata badan tersebut.

Setelah masa tenang di bawah pemerintahan Presiden AS Donald Trump, Korea Utara telah meningkatkan program rudalnya secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dengan melakukan sejumlah uji coba rudal pada tahun 2022.

Baca juga: AS-Prancis Diduga Bantu Israel, Pantau Situasi di Jalur Gaza Pakai 27 Satelit

Saat Pyongyang dilaporkan bersiap untuk menguji senjata atom pertamanya sejak tahun 2017, Presiden AS Joe Biden memperingatkan Kim pada bulan April bahwa serangan nuklir apa pun terhadap AS atau sekutunya akan “mengakibatkan berakhirnya” rezimnya.

Peluncuran pada hari Selasa berlangsung ketika kelompok Kapal Induk USS Carl Vinson tiba di pelabuhan Busan di Korea Selatan dalam apa yang disebut Pentagon sebagai pertunjukan “komitmen terhadap aliansi antara AS dan Republik Korea.”

Sumber: Russia Today 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat