androidvodic.com

Rishi Sunak Mendadak Batalkan Pertemuan, Mitsotakis: Inggris Takut Ditagih soal Patung Yunani - News

News - Perdana Menteri Yunani, Kyriakos Mitsotakis, mengkritik Perdana Menteri Inggris, Rishi Sunak, setelah ia membatalkan rencana pertemuan di London, Inggris pada 28 November 2023.

Kyriakos Mitsotakis mengatakan Inggris sengaja membatalkan pertemuan itu untuk menghindari pembicaraan tentang patung-patung Parthenon dari Yunani yang disimpan di museum Inggris.

"Kami menyesali hilangnya kesempatan untuk berdialog dengan Inggris," kata Kyriakos Mitsotakis di London, pada Selasa (28/11/2023).

Ia mencatat keinginan negaranya untuk merebut kembali patung-patung kuno Parthenon yang disimpan oleh Inggris.

“Saya (ingin) mengungkapkan kekesalan saya atas kenyataan bahwa perdana menteri Inggris membatalkan jadwal pertemuan kami beberapa jam sebelum pertemuan itu dijadwalkan,” katanya.

“Siapa pun yang percaya pada kebenaran dan keadilan pandangannya tidak pernah takut untuk menentang argumen,” lanjutnya, seperti diberitakan AP News.

Pemimpin oposisi utama Partai Buruh Inggris Keir Starmer (kiri) bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, di London, pada 27 November 2023. Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan dia akan mendorong kembalinya patung Parthenon Marbles ketika dia bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada 28 November 2023.
Pemimpin oposisi utama Partai Buruh Inggris Keir Starmer (kiri) bertemu dengan Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis, di London, pada 27 November 2023. Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan dia akan mendorong kembalinya patung Parthenon Marbles ketika dia bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak pada 28 November 2023. (Leon Neal / POOL / AFP)

Baca juga: Indonesia dan Yunani Sepakat Dukung Penyelesaian Konflik Israel-Palestina

Perdana Menteri Yunani dijadwalkan untuk berbicara dengan rekannya dari Inggris, Rishi Sunak, setelah pertemuan dengan para pemimpin Partai Buruh di Inggris pada Senin (27/11/2023).

Pertemuan tersebut dibatalkan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Para pembantu Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis menyebut langkah tersebut salah dan tidak bermartabat.

Perdana menteri Yunani itu menolak pertemuan alternatif dengan wakil perdana menteri Inggris, menurut BBC Inggris.

Para pejabat yang ikut bersama Kyriakos Mitsotakis berpendapat, keputusan untuk membatalkan pertemuan tersebut terkait dengan komentar Perdana Menteri Yunani baru-baru ini kepada BBC Inggris.

Komentar PM Yunani Singgung Inggris untuk Kembalikan Patung Kuno

Pengunjung melihat Parthenon Marbles, juga dikenal sebagai Elgin Marbles, di British Museum di London pada 9 Januari 2023. Patung kuno tersebut diambil dari kuil Parthenon di Acropolis di Athena, Yunani, pada awal abad ke-19 oleh diplomat Inggris Thomas Bruce, Earl Elgin.
Pengunjung melihat Parthenon Marbles, juga dikenal sebagai Elgin Marbles, di British Museum di London pada 9 Januari 2023. Patung kuno tersebut diambil dari kuil Parthenon di Acropolis di Athena, Yunani, pada awal abad ke-19 oleh diplomat Inggris Thomas Bruce, Earl Elgin. (Daniel LEAL / AFP)

Baca juga: Dulu Yunani Pro-Palestina, Kini jadi Sekutu Terdekat Israel di Mediterania Timur

Kyriakos Mitsotakis sebelumnya menyatakan kembali tuntutan lama Yunani untuk mengembalikan artefak kuno tersebut kepada BBC Inggris pada Minggu (26/11/2023).

Dia menambahkan, patung-patung Partheon itu harus disatukan kembali dengan kuil-kuil Yunani tempat asalnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat