androidvodic.com

Taktik Baru Gerilya Hamas Lawan IDF, Pancing Tentara Israel Pakai Speaker Lalu Hujani Tembakan - News

Taktik Baru Gerilya Hamas Lawan IDF, Pancing Tentara Israel Pakai Speaker Lalu Hujani Tembakan

News - Media Israel melaporkan, milisi pembebasan Palestina, Hamas, secara aktif menerapkan taktik baru untuk mengejutkan pasukan Israel yang menyerang Kota Gaza tengah.

Laporan dari koresponden desk militer media Israel, Ynet News, Yoav Zitun ini ditulis pada momen menjelang gencatan senjata pekan lalu.

Laporan itu menyebut, kalau operasi darat pasukan tentara Israel (IDF) di Gaza diawasi langsung oleh komandan senior mereka yang mengatakan gelombang pertempuran akan menguntungkan mereka yang berinovasi dan belajar dengan cepat.

Baca juga: IDF Alami Masalah Besar Saat Gencatan Senjata: Prajurit Israel Berkurang, Suporter Hamas Bertambah

Laporan menggambarkan, di area pertempuran seperti lingkungan al-Zaytoun dan Jabalia di timur laut, Hamas telah mengintensifkan serangan hit and run.

"Taktik ini yang menampilkan (bak cara) serigala yang muncul (tiba-tiba) dari persembunyiannya, menembak lalu secara cepat mundur ke terowongan yang menghubungkan ke seberang jalan," kata jurnalis Israel tersebut.

Serangan tersebut, tambahnya, diwarnai penembakan Rocket Propelled Grenades (RPG) yang terkoordinasi dari berbagai arah.

Dia juga mengulas apa yang disebutnya sebagai cara bertempur “canggih” yang terlihat dalam seminggu terakhir jelang gencatan senjata, di mana Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, menampakkan 'inovasi' mereka dalam taktik pertempuran kota.

Brigade Al Qassam dilaporkan menempatkan pengeras suara di gang-gang yang terkena pemboman Israel.

Speaker itu digunakan untuk menyiarkan percakapan bahasa Arab untuk menambah kekacauan, merusak fokus dan konsentrasi serta kewaspadaan  di antara tentara Israel yang menyerang.

Kabarnya, obrolan yang dikeraskan lewat pengeras suara tersebut sebagian besar berisi percakapan anak-anak dan remaja.

"Mereka (suara di spekaer) berbicara satu sama lain dalam bahasa Arab, yang berdampak kacau pada tentara Israel yang menyerang wilayah tersebut," tulis laporan tersebut.

Baca juga: Jenderal Israel: Hamas Berhasil Berhentikan Perang, Secara Resmi Mereka Menang

CLOSE RANGE BATTLE - Tangkap layar dari publikasi Bigade Al-Qassam Palestina yang menunjukkan pertempuran jarak dekat (close range battle) dari milisi perlawanan Palestina terhadap tentara Israel. Tampak sebuah roket dari peluncur sandang bahu (manpads) mengarah ke sebuah tank Merkava-4M Israel .
CLOSE RANGE BATTLE - Tangkap layar dari publikasi Bigade Al-Qassam Palestina yang menunjukkan pertempuran jarak dekat (close range battle) dari milisi perlawanan Palestina terhadap tentara Israel. Tampak sebuah roket dari peluncur sandang bahu (manpads) mengarah ke sebuah tank Merkava-4M Israel . (tangkap layar twitter)

Hujani Peluru saat Tentara dan Tank Mendekat

Jurnalis militer Israel itu menekankan kalau milisi Perlawanan Palestina menggunakan taktik ini ketika tentara pendudukan Israel, baik infanteri atau tank, mendekat.

Hamas mengaktifkan pengeras suara ketika tentara IDF mendekat untuk membingungkan penyerang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat