androidvodic.com

Pengakuan Tentara Israel: Tembakan Neraka dari Berbagai Arah Gaza, Dari Serbu Jadi Penyelamatan - News

Pengakuan Tentara Israel: Tembakan Neraka dari Berbagai Arah di Gaza, Operasi Serbu Jadi Penyelamatan

News - Situs berita Israel, Ynet melansir laporan rinci dan gambaran tentang pertempuran di Gaza yang menyebabkan pemecatan seorang komandan kompi dan wakilnya dari ketentaraan Israel (IDF).

Pemecatan dua pimpinan kompi itu memicu protes dan perpecahan di tubuh IDF.

Sekitar setengah kompi pasukan, dilaporkan menolak kembali bertempur di Gaza gegara pemecatan atasannya tersebut.

Baca juga: Setengah Kompi Unit Tempur IDF Tolak Kembali Bertempur di Gaza, Tentara Israel Didera Perpecahan

Dalam laporan itu, outlet media itu mengutip pernyataan tentara Israel yang mengatakan, “Kami menerima 'tembakan neraka' (hellish fire) dari segala arah (di Gaza).”

Status Berubah dari 'Operasi Serbu' Jadi 'Misi Penyelamatan'

Ynet menambahkan, pertempuran yang terjadi pada awal serangan darat mengejutkan tentara Israel.

Laporan itu menyebut, kalau tentara Israel hanya bersiap untuk konfrontasi ringan, mengantisipasi sejumlah kecil pejuang Hamas.

Namun kenyataannya, tentara IDF di fase awal invasi darat ke Gaza justru menghadapi “tembakan neraka” dari senapan mesin, senjata ringan, dan peluru RPG yang diluncurkan oleh puluhan pejuang Hamas dari berbagai arah.

"Para prajurit menunjukkan kalau situasi “dengan cepat berubah (dari operasi serbu) menjadi pertempuran penyelamatan” karena cedera yang diderita oleh unit tentara Israel yang disergap oleh perlawanan Hamas," tulis media tersebut mengutip pengakuan seorang tentara Israel.

"Persiapan untuk pertempuran itu “tidak dilakukan dengan benar,” tambah tentara Israel dalam laporan Ynet.

--FOTO DIAMBIL SELAMA TUR TERKONTROL DAN SELANJUTNYA DIEDIT DI BAWAH PENGAWASAN MILITER ISRAEL-- Pasukan Israel berpatroli di sepanjang jalan selama operasi militer di Jalur Gaza utara di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas, pada 22 November , 2023.
--FOTO DIAMBIL SELAMA TUR TERKONTROL DAN SELANJUTNYA DIEDIT DI BAWAH PENGAWASAN MILITER ISRAEL-- Pasukan Israel berpatroli di sepanjang jalan selama operasi militer di Jalur Gaza utara di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Palestina Hamas, pada 22 November , 2023. (Ahikam SERI / AFP)

Tentara IDF tersebut menekankan, jika komandan kompinya tidak mengambil keputusan untuk mundur, maka akan jatuh banyak korban jiwa dari satuannya.

“(Jika kami tidak mundur) hal ini akan berakhir dengan jatuhnya korban jiwa,” kata tentara Israel tersebut.

Tentara Israel itu juga membantah pernyataan yang menyebut kalau perlindungan udara yang diberikan ke pasukan infanteri IDF tidak cukup selama pertempuran di Gaza.

Dia justru mengaitkan soal hilangnya kendali dalam pertempuran tersebut dengan kinerja dan garis komando yang tidak memadai di antara pasukan dan unit-unit tempur IDF.

Sesama IDF Saling Tembak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat