androidvodic.com

Profil HMS Diamond, Kapal Perusak AL Inggris Dikirim ke Teluk, Buntut Aksi Houthi Yaman - News

News - Inggris mengumumkan mereka mengirim salah satu kapal Angkatan Lautnya yang paling canggih, HMS Diamond kapal perusak Tipe 45, ke wilayah Perairan Teluk.

Pengiriman ini menyusul pecahnya konflik antara Israel dan Hamas, yang kemudian berbuntut penyitaan kapal kargo terkait Israel oleh militan Yaman, Houthi, di Laut Merah pada 19 November 2023 lalu.

Inggris berdalih, pengiriman HMS Diamond adalah sebuah operasi untuk menjamin kebebasan navigasi di Laut Merah.

Tak hanya itu, Inggris juga mengklaim operasi tersebut bertujuan untuk menyakinkan kapal dagang dan memastikan arus perdagangan aman, kata Kementerian Pertahanan Inggris.

"Sangat penting bagi Inggris untuk memperkuat kehadiran kami di kawasan Perairan Teluk, untuk menjaga Inggris dan kepentingan kami dari dunia yang bergejolak dan penuh persaingan," kata Menteri Pertahanan Inggris, Grant Shapps, pada Kamis (30/11/2023), dilansir Al Arabiya.

Baca juga: Anggap Houthi Yaman Kurang Ajar, Inggris Kirim Kapal Perang Angkatan Laut Kerajaan ke Perairan Teluk

Lebih lanjut, Shapps menyebut Perairan Teluk merupakan jalur penting bagi pelayaran dagang, termasuk kapal tanker yang membawa sebagian besar pasokan gas alam cair ke Inggris.

Karena itu, ia beralasan, pengiriman HMS Diamond ke Perairan Teluk agar jalur perdagangan laut bisa tetap terbuka.

"Pengerahan (HMS Diamond) hari ini akan memperkuat patroli AL Kerajaan Inggris, membantu menjaga jalur perdagangan penting tetap terbuka, dan membuktikan komitmen kami terhadap keamanan regional," urai Shapps.

HMS Diamond akan bergabung dengan HMS Lancaster yang lebih dulu dikirimkan ke Perairan Teluk pada tahun 2022 lalu.

Selain HMS Lancester, Inggris juga telah mengirim tiga kapal pemburu ranjau dan sebuah kapal pendukung di Perairan Teluk.

Lantas, seperti apa profil HMS Diamond?

Dikutip dari Royal Navy, kapal perang HMS Diamond (D34) adalah kapal perusak berkemampuan tinggi dan salah satu yang tercanggih di dunia.

Kapal ini merupakan kapal ketiga dari kapal perusak Tipe 45 yang diproduksi untuk Royal Navy.

HMS Diamond pertama kali dirilis pada 2007.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat