androidvodic.com

Israel Tarik Mundur 70 Persen Pasukan dari Gaza Utara, Bombardir Wilayah Selatan - News

News, GAZA - Militer Israel telah menarik mundur hampir 70 persen pasukannya dari Jalur Gaza utara, dan menggencarkan serangan di wilayah Gaza Selatan termasuk wilayah yang berbatasan dengan Mesir.

Sumber di Brigade Al-Qassam yang berbicara kepada saluran berbahasa Arab Al-Jazeera dikutip Palestine Chronicle mengatakan, Israel telah mengevakuasi hampir 70 persen militernya.

Alasan di balik keputusan Israel untuk mengurangi intensitas operasi militernya di utara adalah kuatnya perlawanan Hamas di Gaza Utara, menurut sumber tersebut.

Israel melancarkan perang di Jalur Gaza sejak 7 Oktober dan pada 27 Oktober Israel memulai operasi militer darat skala besar di wilayah utara Jalur Gaza.

Lewat sejumlah video yang mendokumentasikan serangan jarak dekat ke militer Israel, Brigade Al-Qassam telah menunjukkan kemampuannya melakukan serangan langsung terhadap ratusan kendaraan militer Israel, termasuk tank Merkava yang menjadi kebanggaan Israel.

Video lain menunjukkan tentara Israel ditembak oleh militan Palestina atau diledakkan dengan alat peledak yang ditanam dengan hati-hati.

Pertempuran sengit di utara melawan pasuka Israel ini selain melibatkan pasukan Brigade Al-Qassam, juga melibatkan Brigade Al-Quds yang merupakan cabang militer gerakan Jihad Islam Palestina.

Meskipun Israel tidak menghitung jumlah korban di Gaza, sebuah laporan yang dikeluarkan oleh surat kabar Israel Haaretz pada tanggal 28 November 2023 menunjukkan lebih dari 1.000 tentara Israel terluka oleh pejuang Palestina dan 202 tentara lainnya dalam kondisi kritis.

Brigade Al-Qassam Sergap 60 Tentara Israel

Sampai hari Minggu, 3 Desember 2023, Brigade Al-Qassam mengklaim puluhan tentara Israel tewas dan terluka dalam pertempuran di utara dan selatan Gaza.

Mereka termasuk lebih dari 60 tentara Israel yang disergap di dalam sebuah bangunan di daerah yang dikenal sebagai Juhr Al-Dik, sebelah timur Kota Gaza.

Baca juga: Khawatir Dibom Israel, WHO Pindahkan Pasokan Medis dari Gudang di Gaza Selatan

Menurut Al-Qassam, semua tentara Israel, yang disergap dalam serangan itu, tewas atau terluka, dan para pejuangnya menembak jatuh tentara yang berusaha melarikan diri dari daerah tersebut.

Laporan serupa juga disampaikan terkait kerugian Israel di Gaza tengah dan selatan, khususnya di wilayah Deir Al-Balah dan Khan Yunis.

Gambar yang diambil dari Israel selatan dekat perbatasan dengan Jalur Gaza pada 4 Desember 2023, menunjukkan sebuah tank Israel menembaki wilayah Palestina di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. Israel telah memperluas perang daratnya terhadap Hamas hingga ke selatan Gaza, kata para saksi mata pada tanggal 4 Desember, meskipun ada kekhawatiran global atas meningkatnya kematian warga sipil dan kekhawatiran konflik akan menyebar ke tempat lain di Timur Tengah.
Gambar yang diambil dari Israel selatan dekat perbatasan dengan Jalur Gaza pada 4 Desember 2023, menunjukkan sebuah tank Israel menembaki wilayah Palestina di tengah berlanjutnya pertempuran antara Israel dan kelompok militan Hamas. Israel telah memperluas perang daratnya terhadap Hamas hingga ke selatan Gaza, kata para saksi mata pada tanggal 4 Desember, meskipun ada kekhawatiran global atas meningkatnya kematian warga sipil dan kekhawatiran konflik akan menyebar ke tempat lain di Timur Tengah. (JACK GUEZ / AFP)

Menurut ‘sumber utama’ yang tidak disebutkan namanya di Brigade Al-Qassam, operasi darat Israel kini telah berpindah ke selatan, bersamaan dengan ‘operasi manuver terbatas’ di utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat