androidvodic.com

Warga Ukraina Siap 'Angkat Kaki' dan Ganti Kewarganegaraan Daripada Berperang Melawan Rusia - News

News -- Anggota parlemen wanita Ukraina, Mariana Bezuglaya mendapatkan kenyataan yang mengagetkan ketika melakukan jajak pendapat soal wajib militer bagi wanita di negeri itu.

Sebagian besar warga yang menanggapi jajak pendapat melalui Facebook tersebut siap untuk 'angkat kaki' dari Ukraina dan 'membuang' paspor negara mereka.

Artinya mereka lebih memilih melepaskan kewarganegaraan Ukraina untuk menghindari peperangan melawan serdadunya Vladimir Putin.

Baca juga: Perang vs Rusia, Ukraina Kekurangan 500 Ribu Tentara kata Zelensky, AS Setop Bantuan Rp 929 Triliun

Saat ini Ukraina mengalami krisis militer, jumlah tentaranya terus menyusut karena menjadi korban perang dan melarikan diri ke luar negeri.

Sementara warganya banyak yang menolak mendaftarkan diri menjadi tentara, mereka lebih memilih menyuap para perekrut militer daripada mati memerangi pasukan Rusia.

Dikutip dari Russia Today, Mariana Bezuglaya, 'tangan kanan' partai berkuasa pimpinan Presiden Vladimir Zelensky, pada Senin (18/12/2023) awalnya bertanya kepada pengikut perempuan apakah mereka akan menyerahkan paspor Ukraina mereka untuk menghindari potensi mobilisasi paksa ke “posisi belakang” di industri militer.

Meskipun anggota parlemen menekankan bahwa posisi tempur garis depan saat ini tidak mungkin dilakukan oleh perempuan, sekitar 65 persen dari lebih dari 3.800 responden mengatakan mereka akan melepaskan kewarganegaraan mereka daripada mengambil risiko.

Dalam dua jajak pendapat lanjutan, anggota parlemen bertanya-tanya apakah perempuan setidaknya akan mempertimbangkan untuk mendaftar ke otoritas militer untuk potensi mobilisasi di masa depan, sebagai imbalan untuk membuka kembali perbatasan bagi laki-laki, atau untuk demobilisasi mereka yang telah bertugas selama dua tahun.

Hanya 17% dan 22% responden yang setuju ikut dalam wajib militer mempertahankan negara mereka.

Dalam “survei eksperimental” terakhirnya pada hari Senin, Bezuglaya menjawab pertanyaan serupa kepada para pria: “Agar tidak dimobilisasi, apakah saya siap melepaskan kewarganegaraan Ukraina?” Lebih dari 4.300 pengguna ikut serta dalam jajak pendapat tersebut, dengan 73% menyatakan bahwa mempertahankan paspor Ukraina mereka tidak sebanding dengan risikonya.

Baca juga: Dugaan Ada Mata-mata, Panglima Ukraina Temukan Alat Penyadap di Kantornya

Bezuglaya saat ini menjabat wakil ketua komite parlemen untuk Keamanan Nasional, Pertahanan dan Intelijen.

Ia terkenal karena mengusulkan rancangan undang-undang pada Mei 2022 yang memungkinkan perwira Ukraina mengeksekusi tentara karena pembangkangan tanpa pengadilan.

Awal bulan ini, anggota parlemen tersebut memperingati Hari Relawan Internasional dengan mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendaftar menjadi militer, namun menuntut lebih banyak wajib militer dan mendesak perempuan untuk bergabung dalam militer.

Wanita berusia 35 tahun ini mengaku telah menjalani pelatihan militer pada tahun 2015, ketika pemerintah di Kiev melancarkan “operasi anti-teroris” terhadap penduduk Donbass.

Dorongan Kiev untuk merekrut lebih banyak pasukan menyusul serangan balasan musim panas yang mengecewakan, yang menurut perkiraan Kementerian Pertahanan Rusia telah menyebabkan Ukraina kehilangan lebih dari 125.000 tentara.

Bulan lalu, Zelensky menjanjikan “proposal komprehensif” untuk mereformasi sistem wajib militer, yang belum diumumkan. Menurut intelijen Rusia, para pendukung Ukraina di Barat telah menuntut agar rancangan undang-undang tersebut diperluas ke kalangan remaja, pria lanjut usia, dan wanita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat