androidvodic.com

Aktivitas di Pelabuhan Eilat Israel Anjlok 85 Persen Imbas Serangan Houthi di Laut Merah - News

Laporan Wartawan News, Mikael Dafit Adi Prasetyo

News, JERUSALEM – Aktivitas perdagangan di Pelabuhan Eilat, Israel, turun hingga 85 persen sejak militan Houthi di Yaman yang didukung Iran meningkatkan serangan terhadap kapal-kapal kargo di Laut Merah.

Pelabuhan Eilat merupakan salah satu pelabuhan pertama yang terkena dampak ketika perusahaan pelayaran mengubah rute kapal untuk menghindari Laut Merah setelah Houthi mengganggu jalur perdagangan utama melalui Selat Bab al-Mandab.

“Tanpa Bab al-Mandab, Anda menutup jalur pelayaran utama ke Pelabuhan Eilat. Oleh karena itu, kami kehilangan 85 persen dari total aktivitas,” ujar Gideon Golber, kepala eksekutif Pelabuhan Eilat Israel.

Pelabuhan Eilat selama ini menangani impor mobil dan ekspor kalium yang berasal dari Laut Mati.

Namun pelabuhan ini lebih kecil jika dibandingkan dengan pelabuhan Mediterania Israel di Haifa dan Ashdod yang menangani sebagian besar perdagangan negara tersebut.

Meski begitu, Pelabuhan Eilat, yang terletak berdekatan dengan satu-satunya titik akses pesisir Yordania di Aqaba, menawarkan Israel pintu gerbang ke Timur tanpa perlu melewati Terusan Suez.

“Kami masih memiliki sejumlah kecil kapal untuk mengekspor kalium, tapi saya yakin dengan tujuan di Timur Jauh mereka tidak akan lagi melakukan perjalanan ke arah itu. Jadi itu juga akan turun,” kata Golber.

Golber lebih lanjut mengatakan pihaknya akan berdiskusi dengan seluruh pihak terkait bagaimana menjaga kelangsungan operasional di Pelabuhan Eilat.

“Jika Tuhan melarang, negara-negara koalisi dan Israel tertinggal dalam menemukan solusi bagi Houthi, sayangnya kita mungkin harus memberhentikan pekerja,” katanya, seraya menambahkan bahwa sejumlah kecil pekerja akan diperlukan untuk melayani setiap kapal yang bersandar.

Krisis di Laut Merah

Sebagaimana diketahui, Houthi Yaman telah menyerang banyak kapal selama beberapa pekan terakhir, dengan mengatakan pihaknya menargetkan kapal-kapal di Laut Merah yang memiliki hubungan dengan Israel sebagai protes terhadap serangan militernya di Gaza.

Serangan-serangan tersebut telah menimbulkan kekhawatiran mengenai dampaknya terhadap jalur minyak, biji-bijian dan barang-barang lainnya yang merupakan jalur perdagangan global yang penting.

Mereka berjanji akan terus melakukan serangan sampai Israel menghentikan agresinya terhadap warga sipil di Gaza.

Kapal Perang Inggris dan AS Tembak Jatuh Drone Houthi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat