androidvodic.com

Iran Ancam Tutup Selat Gibraltar Jika Israel Tak Berhenti Mengebom Gaza - News

News - Iran mengancam menutup Selat Gibraltar dan Laut Mediterania jika Israel dan sekutunya terus melakukan 'kejahatan' di Gaza.

Gaza sudah menjadi lautan darah. Lebih dari 20 ribu orang tewas dan 50 ribu lebih luka-luka. Sebagian besar korban anak-anak dan perempuan.

Sekira 2 juta orang terusir dari rumahnya. Dalam pengungungsian, banyak orang kelaparan dan jauh dari akses pengobatan. 

Tak ada satu pun tempat aman di Gaza sejak Israel membombardir wilayah tersebut tanpa pandang bulu.

Iran merupakan negara yang terang-terangan menyampaikan dukungannya terhadap Hamas, kelompok yang memerangi Israel di Gaza.

Untuk menghentikan kegilaan Israel dan tentaranya, Iran menyampaikan ancaman serius.

Garda revolusi Iran akan menutup Selat Gibraltar dan Laut Mediterania yang menjadi jalur perdagangan utama wilayah Eropa, Afrika, dan Timur Tengah dan menyumbang seperlima perdagangan maritim dunia.

Peta posisi Selat Gibraltar dan Laut Mediterania

“Mereka akan segera menunggu penutupan Laut Mediterania, (Selat) Gibraltar dan saluran air lainnya,” kata Brigadir Jenderal Mohammad Reza Naqdi, anggota senior Korps Revolusi Islam Iran, seperti dikutip Daily News.

Tidak jelas bagaimana Iran menutup selat Gibraltar dan Laut Mediterania mengingat negara tersebut tak punya akses langsung.

Namun, Iran memiliki proksi d sejumlah negara yang memiliki akses ke selat Gibraltar dan Laut Mediterania. Sebut saja Suriah dan Lebanon.

Di Libanon ada Hizbullah. Saat ini kelompok tersebut aktif membuat Tentara Pertahanan Israel (IDF) super sibuk.

Sementara di Suriah ada Brigade Zaynabiyoun.

Brigade Zaynabiyoun adalah milisi Syiah Pakistan yang didirikan pada tahun 2014 oleh Korps Garda Revolusi dan dilatih oleh Pasukan Qods. 

Mereka telah merekrut warga Pakistan yang tinggal di Iran dan juga dari wilayah kesukuan Pakistan. Mereka telah berperang dengan pasukan rezim Assad di Suriah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat