androidvodic.com

Israel Buka Opsi Deportasi Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dan Mohammed Deif - News

News - Media berita Times of Israel mengatakan pemerintah Israel sedang mempertimbangkan opsi baru mengenai nasib para pemimpin Hamas di Gaza.

Opsi tersebut akan menjadi imbalan pembebasan seluruh sandera yang ditahan oleh Hamas di Gaza.

Dalam rincian proposal itu, Israel berjanji untuk tidak membunuh pemimpin Hamas, Yahya Al-Sinwar dan Muhammad Al-Deif.

Namun, Israel akan deportasi mereka ke negara lain, dengan imbalan pembebasan sandera yang ditahan oleh Hamas.

Sumber-sumber Israel menilai opsi tersebut tidak boleh merugikan tujuan operasi militer yaitu membongkar kepemimpinan dan kemampuan militer Hamas.

"Mendeportasi pemimpin Hamas ke luar negeri tidak bertentangan dengan tujuan perang Israel," kata sumber lain yang mengomentari pendapat sebelumnya.

Baca juga: Pasukan Israel Hancurkan Fasilitas Pertanian di Salfit

Times of Israel mengutip Otoritas Penyiaran Israel yang mengatakan sumber-sumber di pemerintahan Israel yang tidak disebutkan namanya, mengonfirmasi kepemimpinan keamanan dan politik Israel sedang membahasnya.

Namun, belum ada usulan konkrit yang dibahas saat ini.

Sementara itu, pihak Hamas melalui Mesir mengatakan tidak akan membahas pembebasan sandera jika Israel tidak menyetujui penghentian agresi di Jalur Gaza dan Tepi Barat.

Seorang anggota Palestina dari brigade Ezzedine al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, memeluk pemimpin Hamas Khaled Meshaal (tengah) sementara perdana menteri Hamas di Jalur Gaza Ismail Haniya (kiri) menyaksikan aksi unjuk rasa memperingati 25 tahun berdirinya gerakan Islam, di Kota Gaza pada tanggal 8 Desember 2012. Meshaal melakukan kunjungan pertamanya ke Gaza, bertepatan dengan peringatan 25 tahun berdirinya gerakan Islam.
Seorang anggota Palestina dari brigade Ezzedine al-Qassam, sayap bersenjata Hamas, memeluk pemimpin Hamas Khaled Meshaal (tengah) sementara perdana menteri Hamas di Jalur Gaza Ismail Haniya (kiri) menyaksikan aksi unjuk rasa memperingati 25 tahun berdirinya gerakan Islam, di Kota Gaza pada tanggal 8 Desember 2012. (FOTO AFP/ SAID KHATIB)

Baca juga: Paus Fransiskus Kecam Serangan Israel terhadap Warga Sipil di Gaza

Yahya Sinwar Kirim Pesan ke Pejuang Hamas

Sementara itu, Yahya Sinwar masih aktif memimpin Hamas dalam perang melawan Israel.

Yahya Sinwar mengirimkan pesan kepada pimpinan dan anggota biro politik Hamas pada Senin (25/12/2023).

“Brigade Izz al-Din al-Qassam sedang melancarkan pertempuran sengit, penuh kekerasan, dan belum pernah terjadi sebelumnya melawan pasukan pendudukan Israel, dan tentara pendudukan telah menderita kerugian besar baik nyawa maupun peralatan,” katanya dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Anadolu.

Ia memberitahukan informasi tentang kerugian Israel sejak Operasi Badai Al-Aqsa pada 7 Oktober 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat