androidvodic.com

Musuh Baru Israel Jaraknya Ribuan Kilometer di Selatan, Tapi Aksinya Bikin Runyam Negara Zionis - News

News -- Israel kini menghadapi musuh baru yang siap membuat porak poranda negara itu.

Mereka adalah aktivis gerakan Ansarallah atau yang biasa disebut sebagai militan Houthi Yaman.

Baru-baru ini manuver-manuver Houthi membuat Israel dan para pendukungnya, seperti Amerika Serikat pusing tujuh keliling karena serangan-serangan bersenjata militan di Yaman tersebut.

Secara geografis jarak antara Yaman dengan Israel cukup jauh, yaitu lebih 2.200 kilometer di arah selatan.

Baca juga: Milisi Houthi Beri Hak Istimewa untuk Putin, Kapal Tanker Rusia Bebas Melintas di Laut Merah

Bila Houthi menembak rudal ke Israel pun harus melewati daratan Arab Saudi, sehingga serangan jadi sia-sia karena ditangkal oleh Saudi lebih dulu.

Akan tetapi gerakan baru Houthi ini sungguh di luar dugaan sebelumnya. Mereka menyerang kapal-kapal bisnis yang berkaitan dengan Israel yang melewati Laut Merah di sebelah barat Yaman.

Seperti diketahui, jalur kapal terdekat antara Eropa adalah Terusan Suez yang menyambung ke Laut Merah, laut yang memisahkan antara Afrika dan Asia.

Perdagangan Israel sebagian tergantung dengan Laut Merah. Setelah Houthi menyita sejumlah kapal dan menyerang kapal lain dengan serangan drone, aktivitas di Eilat menurun sekitar 85 persen.

Perusahaan pelayaran internasional dan Israel telah memilih untuk mengambil rute panjang, yang dalam beberapa kasus memerlukan waktu tambahan 12 hari, untuk mencapai Israel dengan muatan mereka, sebuah pengalihan yang memakan banyak biaya.

Menentang hal ini, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin melakukan perjalanan ke wilayah tersebut dan mengumumkan pembentukan satuan tugas angkatan laut multinasional yang akan ditempatkan di Laut Merah.

Baca juga: Serangan Houthi di Laut Merah Selalu Tepat, Ternyata Ada Kapal Mata-mata di Balik Keakuratannya

Meskipun ada pembicaraan mengenai koalisi yang mencakup Arab Saudi, Mesir, dan bahkan Uni Emirat Arab, satu-satunya negara Arab yang bergabung adalah Bahrain.

Robert Inlakesh analis politik dari Inggris mengatakan tanda-tanda pengaruh AS menurun telah terlihat.

"Hal ini penting karena AS gagal meyakinkan negara-negara besar di kawasan untuk bergabung, yang menunjukkan menurunnya pengaruh Amerika, namun juga meningkatkan status Ansarallah di Yaman," kata Inlakesh dalam sebuah kolom komentarnya di Russia Today, Senin (25/12/2023).

Penampakan kapal USS Laboon saat berlabuh di Yunani, 29 April  2015, kapal USS Laboon mengkonfirmasi pada Sabtu (23/12/2024) mereka menembak jatuh empat drone milik kelompok Houthi
Penampakan kapal USS Laboon saat berlabuh di Yunani, 29 April 2015, kapal USS Laboon mengkonfirmasi pada Sabtu (23/12/2024) mereka menembak jatuh empat drone milik kelompok Houthi (US NAVY / AFP)

Sebelumnya, gerakan Ansarallah Houthi ini adalah pemberontakan yang berhasil merevolusi dan melengserkan Abdrabbuh Mansour Hadi pada tahun 2014.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat