androidvodic.com

WRSA-I, Gudang Senjata AS di Israel yang Bisa Dipakai Sesuka Hati dan Bayar Belakangan - News

WRSA-I, Gudang Senjata AS di Israel yang Bisa Dipakai Sesuka Hati dan Bayar Belakangan

News - Gudang persenjataan milik pemerintah Amerika Serikat (AS) dan disembunyikan di wilayah Israel – yang dikenal sebagai War Reserve Stocks for Allies-Israel (WRSA-I) – kembali menjadi pusat perhatian dunia.

Hal itu merujuk pada pengakuan mantan pejabat AS yang menyebut Gedung Putih telah mengisi ulang gudang amunisi dan persenjataan tersebut setelah menipis karena dipakai Israel secara berhambur-hambur di Jalur Gaza.

Terkait WRSA-I, eks-pejabat Pentagon itu menyebut, Israel bisa kapanpun memakai persediaan senjata dan amunisi di lokasi tersebut jika dibutuhkan.

Baca juga: Iming-iming AS Tak Mempan, Arab Saudi Pilih Damai dengan Yaman Ketimbang Bela Israel di Laut Merah

“Secara resmi, itu adalah peralatan AS untuk digunakan oleh AS,” kata seorang mantan pejabat senior Pentagon kepada The Guardian.

“Tapi di sisi lain, dalam keadaan darurat, siapa bilang kami tidak akan memberi mereka (Israel) kunci gudang (senjata)?” kata dia menambahkan.

Pejabat senior lain AS yang akrab dan mengetahui seluk-beluk WRSA-I mengatakan ke outlet berita Inggris tersebut kalau Washington bersedia memberikan apapun yang diminta Tentara Israel, khususnya soal amunisi pesawat untuk serangan udara.

"Jika menyangkut amunisi udara ke darat, kami akan memberikan apa pun yang dibutuhkan [Israel],” kata pejabat itu.

Baca juga: Ansarallah Houthi Yaman Serang Kapal Kontainer, AS Sibuk Tangkis Puluhan Drone dan 3 Rudal Balistik

Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023.
Seorang tentara Israel menyusun peluru artileri 155mm di dekat howitzer self-propelled yang dikerahkan di posisi dekat perbatasan dengan Lebanon di wilayah Galilea atas di Israel utara pada 18 Oktober 2023. (Jalaa MAREY / AFP)

Bisa Bayar Belakangan

Dibuat pada tahun 1980-an untuk memasok tentara AS jika terjadi perang regional, WRSA-I adalah simpul terbesar dalam jaringan global penyimpanan senjata AS.

Ulasan laporan itu menyebut, meskipun Tel Aviv secara hukum tidak diizinkan untuk menggunakan WRSA-I secara gratis – yang isi lengkapnya tidak diungkapkan kepada publik – pada faktanya Israel mendapat keistimewaan dari AS soal transfer senjata ini.

"Para mantan pejabat pertahanan mengatakan transfer dari timbunan (amunisi dan persenjataan) tersebut berbeda dari penjualan senjata biasa antara AS dan negara lain,” tulis laporan tersebut.

"Amunisi tersebut dapat ditarik (digunakan) oleh tentara Israel sebelum proses penyerahan peralatan tersebut selesai sepenuhnya,” kata laporan itu menjelaskan kalau Israel bisa memakainya dulu lalu membayarnya belakangan.

Pada kasus penjualan senjata resmi AS ke negara lain, Washington biasanya mengajukan sejumlah persyaratan ketat, termasuk assessment potensi senjata akan berakhir di tangan pihak yang bermusuhan dengan AS.

Secara formil, penjualan senjata juga harus melalui persetujuan kongres AS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat