androidvodic.com

Konflik Merembet ke Amerika Latin, Maduro Siapkan 5.600 Tentara, Negara Barat Ini Turut Campur - News

News -- Di saat peperangan masih berkobar di Ukraina dan Timur Tengah, kondisi politik di Amerika Selatan mulai ikut memanas.

Inggris mengirimkan kapal perangnya ke Guyana, bekas koloni negara itu menyusul panasnya sengketa perbatasan antara Guyana dengan Venezuela pada Kamis (28/12/2023).

Inggris mengumumkan akan mengirim kapal patroli lepas pantai HMS Trent, yang saat ini dikerahkan di Karibia, untuk mengunjungi “sekutu regional dan mitra Persemakmuran.”

Baca juga: Remaja Israel Dipenjara karena Tolak Perang Lawan Hamas di Gaza, Kritik IDF yang Bunuh Sandera

Bukannya membuat ciut Presiden Venezuela Nicolas Maduro, datangnya kapal tersebut justru membuat suasana semakin memanas.

Pengerahan kapal perang Inggris ke perairan lepas pantai Guyana mendapat protes keras dari Venezuela.

Maduro menuding Inggris berusaha ikut campur tangan. "Itu melanggar semangat kesepakatan yang dicapai antara otoritas Venezuela dan Guyana," kata Maduro dalam konferensi persnya dikutip Reuters, Jumat (29/12/2023).

Presiden Venezuela juga memerintahkan lebih dari 5.600 personel militer untuk berpartisipasi dalam latihan defensif.

Langkah Maduro dilakukan sebagai respons dari Inggris yang mengerahkan kapal perang ke perairan lepas pantai Guyana untuk menunjukkan dukungan terhadap bekas jajahan Inggris tersebut.

"Ini adalah tindakan yang bersifat defensif sebagai tanggapan terhadap provokasi dan ancaman Inggris terhadap perdamaian dan kedaulatan negara kita,” kata Maduro dikutip The Guardian.

Presiden Venezuela menyebut manuver tersebut merupakan ancaman militer dari London yang melanggar semangat dialog, diplomasi, dan perdamaian dalam perjanjian” yang dibuat dengan Guyana.

Baca juga: Ada Modus Uang di Balik Rencana Zelensky Mobilisasi 500.000 Warga Ukraina Jadi Tentara

“Saya telah memerintahkan pengaktifan aksi pertahanan bersama oleh Angkatan Bersenjata Nasional Bolivarian sebagai tanggapan terhadap provokasi Inggris dan ancaman terhadap perdamaian dan kedaulatan negara kita,” kata presiden Venezuela dalam pidato yang disiarkan televisi.

Venezuela “mengambil semua tindakan, dalam kerangka Konstitusi dan Hukum Internasional, untuk mempertahankan integritas maritim dan teritorialnya,” kata Kementerian Luar Negeri di Caracas dalam sebuah pernyataan.

Kementerian Pertahanan (MoD) Inggris pada hari Minggu mengumumkan bahwa mereka akan mengirim kapal patroli HMS Trent ke Guyana, di tengah sengketa wilayah yang dimulai ketika Maduro memperbarui klaim Venezuela atas wilayah Essequibo yang kaya minyak.

HMS Trent
HMS Trent kapal yang didatangkan Inggris ke Guyana untuk mendukung negeri itu dalam sengketanya dengan Venezuela (BBC)

Sengketa wilayah perbatasan antara Venezuela dengan Guyana telah terjadi sejak lama.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat