androidvodic.com

Intelijen Inggris Deteksi Rusia Pakai Senjata Super KILLJOY di Ukraina, Bisa Hajar Kapal Induk! - News

Intelijen Inggris Deteksi Rusia Pakai Senjata Super di Ukraina, Bisa Dipasangi Hulu Ledak Nuklir dan Hajar Kapal Induk!

News - Perang Rusia dengan Ukraina yang berlangsung sejak Februari 2023 lalu tak lepas dari pantauan intelijen negara-negara NATO.

Intelijen Inggris, salah satu negara anggota NATO mendeteksi temuan terbaru, militer Rusia kini menggunakan peralatan tempur super canggih untuk menggempur Ukraina.

Menurut intelijen Inggris, 'senjata super' ini pertama kali digunakan Rusia dalam perangnya melawan Ukraina sejak beberapa bulan ini.

Senjata super dimaksud adalah rudal AS-24 KILLJOY yang bisa ditembakkan dengan kecepatan jelajah hingga Mach 4 atau sekitar 3.000 mil per jam.

Hebatnya lagi, rudal AS-24 KILLJOY juga dapat mencapai kecepatan secepat Mach 10 atau sekitar 7.673 mil per jam daya jelajahnya.

Kabar terbaru tentang penggunaan senjata super canggih oleh Rusia ini diungkap Kementerian Pertahanan Inggris pekan lalu dan dipublikasikan di platform X.

“Pada 14 Desember 2023, Angkatan Udara Rusia kemungkinan besar melakukan penggunaan pertama rudal balistik yang diluncurkan dari udara AS-24 KILLJOY sejak Agustus 2023,”  tulis Kementerian Pertahanan Inggris di X.

“Rusia meluncurkan setidaknya satu rudal ke Ukraina tengah, kemungkinan besar menargetkan lapangan terbang militer,” sebutnya.

Rudal Kh-47M2 Kinzhal
Rudal AS-24 KILLJOY atau Kh-47M2 Kinzhal termasuk rudal balistik hipersonik Rusia yang diluncurkan dari udara. Rudal ini dapat membawa hulu ledak konvensional atau hulu ledak nuklir dan dapat diluncurkan menggunakan jet pembom Tu-22M3 atau pencegat MiG-31K.

Menurut media Inggris, Independent, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg akhir bulan Desember lalu memperingatkan bahwa Rusia sedang menimbun rudal untuk serangan kampanye rudal selama musim dingin.

Dia mengatakan, serangan rudal tersebut akan menargetkan infrastruktur penting Ukraina di wilayah sipil di belakang garis depan.

Kemampuan rudal AS-24 KILLJOY Rusia

Menurut Wikipedia, rudal AS-24 KILLJOY memiliki nama lain Kh-47M2 Kinzhal dan dalam bahasa Rusia Х-47М2 Кинжал. AS-24 Killjoy adalah penamaan oleh NATO.

AS-24 KILLJOY termasuk rudal balistik hipersonik Rusia yang diluncurkan dari udara.

Rudal ini dapat membawa hulu ledak konvensional atau hulu ledak nuklir dan dapat diluncurkan menggunakan jet pembom Tu-22M3 atau pencegat MiG-31K.

Baca juga: Rudal Ukraina Kembali Hajar Kota Belgorod Rusia, Trik Zelenskiyy Cari Dukungan Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat