androidvodic.com

Palestina: Israel Jatuhkan 45.000 Bom di Gaza, Setara Kekuatan 3 Nuklir di Hiroshima - News

News - Media Pemerintah Otoritas Palestina (PA), WAFA, mengungkapkan jenis-jenis bom yang digunakan oleh Israel dalam genosida di Jalur Gaza.

WAFA melaporkan ada lebih dari 45.000 rudal dan bom dengan berat 65.000 ton bahan peledak yang digunakan oleh Israel.

“Pesawat pendudukan Israel menjatuhkan lebih dari 45.000 rudal dan bom di Jalur Gaza selama perang genosida yang komprehensif, beberapa di antaranya berbobot 2.000 pon bahan peledak," lapor WAFA, Rabu (3/1/2024).

"Mereka sengaja mengebom seluruh kawasan perumahan, yang menyebabkan ratusan orang meninggal dunia dalam satu pemboman," lanjutnya.

Jumlah itu diperkirakan setara dengan tiga kali bom nuklir yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat (AS) di Hiroshima, Jepang, pada Perang Dunia II.

"Berat bahan peledak yang dijatuhkan tentara pendudukan dari pesawatnya di Jalur Gaza melebihi 65.000 ton, lebih besar dari berat dan kekuatan tiga bom nuklir seperti yang dijatuhkan di kota Hiroshima, Jepang," tambahnya.

Baca juga: Lital Shemesh, Presenter Berita Israel Bawa Senjata saat Siaran di Studio

WAFA menunjukkan sekitar dua pertiga dari bom dan rudal yang dijatuhkan oleh pesawat Israel adalah bom yang tidak terarah dan tidak akurat, yang disebutnya "bom bodoh".

"Itu menunjukkan niat pendudukan untuk melakukan pembunuhan tanpa pandang bulu dan tidak dapat dibenarkan karena termasuk pelanggaran jelas dan nyata terhadap hukum internasional dan berbagai perjanjian internasional," lapor WAFA.

Gambar yang diambil dari Israel selatan dekat perbatasan dengan Jalur Gaza ini menunjukkan asap mengepul setelah serangan Israel sementara suar juga dijatuhkan di Gaza utara pada 22 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina.
Gambar yang diambil dari Israel selatan dekat perbatasan dengan Jalur Gaza ini menunjukkan asap mengepul setelah serangan Israel sementara suar juga dijatuhkan di Gaza utara pada 22 November 2023, di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara Israel dan gerakan Hamas Palestina. (John MACDOUGALL / AFP)

Baca juga: Israel Gagal Jebak Hamas Pakai Robot Bersuara Tank dan Senapan di Jalur Gaza Tengah

Daftar Bom yang Digunakan Israel di Jalur Gaza

WAFA juga menyebutkan beberapa jenis bom yang digunakan oleh Israel dalam pemboman di Jalur Gaza.

“Senjata paling menonjol yang dilarang secara internasional yang digunakan oleh tentara pendudukan terhadap warga sipil, anak-anak dan perempuan di Jalur Gaza adalah bom penghancur bunker BLU-113, bom penghancur bunker BLU-109, dan bom penghancur bunker SDBS,” ungkap WAFA.

"Selain itu, ada bom GBU-28 Amerika, rudal Halper, bom berpemandu GPS dengan tujuan menghancurkan infrastruktur, bom fosfor putih yang dilarang secara internasional," tambahnya.

WAFA menyebutkan bahaya yang paling menonjol adalah pembunuhan massal terhadap ratusan orang dan cedera hanya dalam beberapa detik, seperti yang terjadi di Jalur Gaza utara, Jabalia, Shujaiya, dan Bureij.

Senjata-senjata tersebut menyebabkan kerusakan permanen pada korban, seperti cacat, cacat permanen, dan amputasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat