androidvodic.com

PM Jepang : Tahun 2024 Sangat Penting untuk Menaikkan Gaji Lebih Tinggi dari Tingkat Kenaikan Harga - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo dari Jepang

News, TOKYO - Perdana Menteri JepangFumio Kishida menekankan tahun 2024 ini sangat penting untuk menaikkan gaji karyawan agar kenaikan gaji bisa lebih tinggi daripada kenaikan harga yang terjadi di masyarakat.

"Kami akan menjadikan tahun ini sebagai tahun di mana hasil dari berbagai inisiatif akan diwujudkan dan masyarakat akan merasakannya,'' ungkap PM Kishida dalam pesta tahun baru bersama 3 organisasi ekonomi Jepang Keidanren, Eksekutif Jepang dan Kamar Dagang Jepang Jumat ini (5/1/2024).

PM Kishida berjanji akan melakukan segala kemungkinan guna mencegah kemunduran dalam tren kenaikan upah, investasi, dan kenaikan harga saham, dan menunjukkan tekadnya untuk sepenuhnya mengatasi deflasi.

"Di musim panas, kita pasti akan menciptakan situasi di mana pertumbuhan pendapatan yang dapat dibelanjakan melebihi kenaikan harga pasar," tekannya lagi yang mengingatkan tingginya kenaikan harga pasar saat ini dalam 30 tahun terakhir.

"Untuk bergerak menuju tahap ekonomi baru di mana siklus pendapatan dan pertumbuhan berjalan lancar, kita harus mencapai peningkatan pendapatan yang melebihi kenaikan harga. Musim panas ini, kita akan menggabungkan kampanye serikat pekerja musim semi dengan pemotongan pajak tetap pemerintah untuk menciptakan situasi di mana pertumbuhan pendapatan yang dapat dibelanjakan melebihi kenaikan harga, dan menekankan bahwa akan melakukan yang terbaik untuk menghilangkan pola pikir deflasi yang telah mendarah daging. pada orang Jepang dan perusahaan Jepang selama bertahun-tahun," tekannya lagi.

Baca juga: Update Gempa di Jepang: Tim Evakuasi Selamatkan Nenek 80 Tahun yang Tertimbun 3 Hari Lebih di Wajima

Untuk itu PM Kishida meminta komunitas bisnis agar bisa bekerja sama dalam meningkatkan upah.

Pemerintah merumuskan langkah-langkah ekonomi pada bulan November tahun lalu, mengidentifikasi tantangan terbesar untuk sepenuhnya keluar dari deflasi yang telah berlangsung selama 30 tahun sejak pecahnya bubble economy seiring dengan kenaikan upah melebihi kenaikan harga.

Hal ini membantu perusahaan menaikkan upah di tengah kenaikan harga di masyarakat.

Bertujuan untuk mencapai siklus kenaikan upah dan harga yang baik, Bank of Japan juga berupaya untuk kembali ke keadaan normal setelah pelonggaran moneter skala besar, dan tren kenaikan upah perusahaan memegang kunci penting bagi masa depan perekonomian Jepang.

Masakazu Tokura, ketua Federasi Bisnis Jepang (Keidanren), mengatakan, komunitas bisnis bertujuan untuk mewujudkan kenaikan upah struktural, dan serikat pekerja musim semi tahun ini akan fokus pada tanggung jawab sosial perusahaan dan kemitraan publik-swasta untuk mencapai tujuan tersebut.

"Memerangi deflasi. Kami akan bekerja dengan semangat dan tekad yang lebih besar dibandingkan tahun lalu, dengan kata kuncinya adalah untuk sepenuhnya melepaskan diri dari deflasi ini," katanya.

Pada konferensi pers Jumat ini (5/1/2024) Tomoko Yoshino, presiden Rengo, organisasi serikat pekerja nasional terbesar di Jepang, menekankan bahwa mencapai kenaikan upah melalui serikat pekerja musim semi 2024 akan menjadi kunci keluarnya Jepang dari deflasi.

"Sangat penting bagi kita untuk mencapai kenaikan upah selama dua tahun berturut-turut pada tingkat yang bahkan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya. Ini akan menjadi momen yang kritis dan koalisi akan melakukan yang terbaik untuk membangun momentum."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat