androidvodic.com

Menlu Inggris Cameron Tuntut Lebih Banyak Bantuan Kemanusiaan ke Gaza - News

News - Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron menegaskan posisi negaranya dalam menuntut segera masuknya lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Selama percakapan telepon dengan Menteri Luar Negeri Palestinya Riyad al-Malki, Cameron menekankan keprihatinan negaranya atas berlanjutnya pembunuhan, kehancuran, dan kelaparan di Gaza, serta kegagalan komunitas internasional untuk mencapai gencatan senjata dan memainkan perannya dalam menegakkan hukum kemanusiaan internasional.

Cameron juga mengecam pernyataan yang dibuat oleh para menteri ekstremis Israel, yang menyerukan relokasi warga Palestina ke negara lain, yang melanggar hak dasar mereka untuk tetap tinggal di tanah mereka, dikutip dari WAFA.

Malki berterima kasih kepada Cameron atas penolakannya terhadap pernyataan Israel yang menyerukan pengungsian warga Palestina dan menjelaskan kepadanya tentang perkembangan agresi Israel di Gaza, yang dimulai pada tanggal 7 Oktober.

Malki, lebih lanjut, menekankan kegagalan komunitas internasional dalam menyediakan kebutuhan kemanusiaan di Jalur Gaza, runtuhnya sektor kesehatan di sana, dan perlunya menyediakan rumah sakit lapangan darurat untuk membantu mengatasi tingginya jumlah korban luka yang tidak memiliki akses terhadap layanan kesehatan minimum.

Kedua menteri sepakat untuk melanjutkan kontak guna mengoordinasikan tindakan untuk mengakhiri perang, mencapai gencatan senjata, dan mempercepat masuknya bantuan yang diperlukan untuk menghadapi kelaparan yang nyata dan belum pernah terjadi sebelumnya di Jalur Gaza.

Baca juga: Konflik Palestina Vs Israel, Lebih dari 76.000 Orang Mengungsi di Libanon

Selain itu, Uni Emirat Arab (UEA) pada hari Kamis (4/1/2024) mengutuk pernyataan dua menteri Israel yang menyerukan pengusiran warga Palestina dari Jalur Gaza.

Para pejabat sayap kanan – Menteri Keuangan Bezalel Smotrich dan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir – menyatakan dukungan mereka untuk mendorong pemukim Israel di Gaza dan mencari negara-negara untuk menyerap warga Gaza.

“Uni Emirat Arab mengutuk keras pernyataan ekstremis yang menyerukan pengusiran warga Palestina, selain menduduki kembali dan membangun pemukiman di Jalur Gaza,” kata Kementerian Luar Negeri negara Teluk itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Al Arabiya.

Ungkapan itu juga memperingatkan bahwa pernyataan tersebut mengancam eskalasi dan ketidakstabilan lebih lanjut di wilayah tersebut, dan menyerukan “gencatan senjata kemanusiaan yang mendesak untuk mengakhiri pertumpahan darah, dan untuk memfasilitasi pengiriman bantuan dan bantuan kemanusiaan dengan segera, aman, berkelanjutan, dan tanpa hambatan”.

Dalam konferensi hari Rabu (3/1/2024), Anwar Gargash, penasihat diplomatik presiden UEA, mengatakan negara Teluk akan berpegang pada keputusannya untuk menjalin hubungan dengan Israel di tengah perang.

“UEA telah mengambil keputusan strategis, dan keputusan strategis bersifat jangka panjang,” kata Gargash, berbicara di sebuah konferensi.

“Tidak ada keraguan bahwa setiap keputusan strategis akan menghadapi banyak hambatan, dan kita menghadapi hambatan besar yang harus diatasi.”

“Tidak ada alternatif selain menemukan jalur politik untuk mengakhiri pendudukan Israel,” kata Gargash.

“Konfrontasi Arab dengan Israel belum berhasil,” lanjutnya.

Arab Saudi juga menolak pernyataan para menteri Israel dan menekankan bahwa tindakan harus diambil terhadap pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel.

AS dan Uni Eropa, sekutu Israel, juga mengecam kedua politisi tersebut karena menyarankan emigrasi dan pemukiman.

(News, Widya)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat