androidvodic.com

Blinken Mulai Desak PM Israel Benjamin Netanyahu untuk Akhiri Fase Militer Perang di Gaza - News

News - Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, kembali melakukan perjalannnya ke Timur Tengah.

Perjalanan Blinken di Timur Tengah ini untuk membahas perang di Gaza yang mulai memburuk.

Washington tampak mulai frustrasi dengan perang di Gaza yang telah memakan banyak korban.

Dijadwalkan, Blinken akan bertemu dengan para pejabat Israel dan akan mendesak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu untuk menghentikan fase militer perang di Gaza.

Dikutip dari Al Jazeera, Blinken pun memberikan saran kepada Netanyahu untuk beralih ke "serangan yang ditargetkan".

Blinken telah melakukan perjalanan ke Yunani, Turki, Yordania dan Qatar selama akhir pekan kemarin.

Lalu pada Senin (8/1/2024), Blinken akan bertemu dengan para pejabat di UEA dan Arab Saudi untuk mencegah konflik semakin meluas seiring meningkatnya ketegangan regional.

"Ini adalah konflik yang dapat dengan mudah menyebar, menyebabkan lebih banyak ketidakamanan dan lebih banyak penderitaan," kata Blinken di Qatar.

AS Tegas Tolak Pengusiran Warga Gaza

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dalam konferensi pers di Tel Aviv pada 30 November 2023.
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dalam konferensi pers di Tel Aviv pada 30 November 2023. (SAUL LOEB / POOL / AFP)

Setelah pertemuan dengan Raja Abdullah di Amman dan dengan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani dan Perdana Menteri Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani, Blinken mengatakan AS menolak pemindahan paksa warga Palestina dari Tepi Barat dan Gaza.

"Warga sipil Palestina harus bisa kembali ke rumah mereka sesegera mungkin jika kondisinya memungkinkan," kata Blinken, dikutip dari Arab News.

Baca juga: Klaim Berhasil Redam Serangan Hamas, Israel Beri Sinyal Hentikan Perang di Gaza

Blinken dan pejabat Qatar juga membahas upaya untuk membebaskan sandera yang diyakini masih dilakukan oleh Hamas setelah perjanjian sebelumnya yang dimediasi oleh Qatar gagal.

Blinken juga menekan negara-negara Muslim yang ragu-ragu di Timur Tengah agar bersiap memainkan peran dalam rekonstruksi, pemerintahan, dan keamanan Gaza jika Israel berhasil melenyapkan Hamas, kata seorang pejabat Departemen Luar Negeri sebelumnya.

"Mitra kami bersedia melakukan pembicaraan yang sulit ini dan mengambil keputusan yang sulit," kata Blinken.

Blinken menambahkan bahwa ia berencana untuk menekan para pemimpin Israel agar berbuat lebih banyak guna mencegah jatuhnya korban sipil dan mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan.

Israel Tak Bergeming

Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan AS, di Tel Aviv pada 18 Desember 2023.
Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Pertahanan AS, di Tel Aviv pada 18 Desember 2023. (Alberto PIZZOLI / AFP)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat