androidvodic.com

Hamza al-Dahdouh dan Mustafa Thuraya, 2 Jurnalis Tewas Dibom Drone Israel dalam Mobil di Rafah, Gaza - News

Hamza al-Dahdouh dan Mustafa Thuraya, 2 Jurnalis Tewas Dibom Drone Israel dalam Mobil di Rafah, Gaza

News- Hamza al-Dahdouh dan Mustafa Thuraya, dua jurnalis lagi tewas di dalam mobil dalam pemboman oleh Drone milik tentara Israel di Jalur Gaza.

Kementerian Kesehatan di Gaza mengumumkan bahwa dua jurnalis tewas dalam pemboman Israel, pada hari Minggu (7/1/2024), di kota Rafah di Jalur Gaza selatan.

Mustafa Thuraya adalah kolaborator Agence France-Presse, dan yang kedua adalah putra Wael Al-Dahdouh, direktur kantor Al-Jazeera di Jalur Gaza.

Kementerian mengatakan: “Mustafa Thuraya dan Hamza Wael Al-Dahdouh tewas dalam serangan terhadap sebuah mobil di daerah Mirage di Rafah, selatan Jalur Gaza. ”

Agence France-Presse meminta komentar dari tentara Israel, yang meminta “koordinat” serangan yang tepat.

Mustafa Thuraya, seorang videografer berusia tiga puluhan, telah bekerja sama dengan Agence France-Presse sejak 2019, selain media lainnya.

Adapun Hamza al-Dahdouh, ia bekerja dengan jaringan Al-Jazeera, dan akunnya yang menerbitkan buku harian perang di aplikasi Instagram, diikuti oleh lebih dari satu juta orang.

Baca juga: PBB Sudah Peringatkan Wilayah Palestina Tak Bisa Dihuni, Israel Ngeyel Ngebom Gaza


Posting Ini Dua Jam sebelum Kematiannya

Sekitar dua jam sebelum kematiannya, dia menerbitkan sebuah cerita di mana warga diperlihatkan menemukan mayat-mayat dari bawah reruntuhan rumah, dan gambar lain tentang orang-orang mati di dalam kain kafan di tempat yang tampak seperti kamar mayat.

Jurnalis Wael Al-Dahdouh kehilangan istri, dua anaknya, dan cucunya akibat pemboman Israel pada minggu-minggu pertama perang yang pecah pada 7 Oktober. Ia juga terluka akibat pemboman Israel pada 15 Desember. yang membunuh rekannya, fotografer Samer Abu Daqqa.

Pembunuhan jurnalis Thuraya dan Al-Dahdouh menjadikan jumlah jurnalis dan pekerja media yang terbunuh sejak awal perang menjadi 77 orang, menurut Komite Perlindungan Jurnalis.

Di antara mereka terdapat 70 jurnalis Palestina, empat warga Israel, dan tiga warga Lebanon yang terbunuh di Lebanon selatan.

Baca juga: Tuntut Pemecatan Netanyahu, Ribuan Warga Gelar Demo Terbesar Dalam Sepanjang Sejarah Israel


Putra Kepala Biro Al Jazeera

Hamza al-Dahdouh, putra kepala biro Al Jazeera di Gaza, dan reporter kedua tewas dalam serangan udara Israel. Dua lainnya terluka.

Wael al-Dahdouh, seorang koresponden Palestina terkenal untuk Al Jazeera TV yang menghabiskan kariernya meliput Gaza, telah kehilangan istri, seorang putra, seorang putri dan seorang cucu bayi dalam serangan udara Israel pada bulan Oktober.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat