androidvodic.com

Israel Klaim Sukses Preteli Kekuatan Hamas di Gaza Utara, Kini Tanpa Komandan dan Serangan Sporadis - News

Israel Klaim Sukses Preteli Kekuatan Hamas di Gaza Utara, Kini Tanpa Komandan dan Serangan Jadi Sporadis

News, GAZA - Militer Israel kembali mengeluarkan propaganda perang bahwa mereka berhasil mempreteli kekuatan Hamas di Gaza Utara selama perangnya melawan militan Palestina tersebut sejak 7 Oktober 2023 lalu.

Israel menyatakan, operasi militer mereka di Gaza utara sudah hampir selesai, pasca berhasil dibubarkannya kekuatan Hamas di wilayah ini.

Juru bicara militer Israel yang enggan disebut namanya dikutip Al Jazera mengatakan, IDF sudah  sepenuhnya berhasil membongkar kerangka militer Hamas di Gaza utara.

IDF mengklaim sukses membunuh 8.000-an pejuang Hamas dan siap mengakhiri operasi tempur di Gaza Utara.

"Pertempuran akan terus berlanjut selama tahun 2024. Kami beroperasi sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan perang, untuk membubarkan Hamas di utara dan selatan," kata juru bicara IDF seperti dilansir Al Jazeera.

Israel menerbitkan klaim keberhasilannya menumpas Hamas di Gaza Utara saat negaranya kedatangan tamu sekutu seniornya, yakni utusan utama Amerika bersama utusan dari Eropa mengunjungi wilayah tersebut kemarin, Minggu, 7 Januari 2024.

Klaim IDF tersebut juga menjadi peringatan kepada dunia bahwa jumlah korban sipil yang tewas berpotensi akan terus bertambah seiring meluasnya target operasi militer Israel.

"Pejuang Hamas (meski) tanpa kerangka kerja dan tanpa komandan masih ada," klaim juru bicara IDF.

"Pertempuran yang tersebar mungkin terjadi, bersamaan dengan roket yang diluncurkan secara sporadis ke arah Israel. Namun Hamas tidak lagi beroperasi secara terorganisir di wilayah tersebut," sebutnya.

Sebelumnya, pekan lalu jet tempur Israel sukses membunuh Wakil Pemimpin Hamas Saleh al-Arouri
dalam serangan militer yang mereka lancarkan di Dahiyeh, pinggiran selatan Beirut.

Baca juga: Pakar Israel: Tak Ada Tanda-Tanda Hamas Melemah, Yahya Sinwar Bisa Berkeliaran ke Seluruh Gaza

Dari beberapa peluru yang ditembakkan, empat diantaranya meledak mengenai sebuah gedung yang digunakan para pemimpin Hamas rapat.

Selain Saleh al-Arouri, dalam serangan tersebut, lima petinggi Hamas lainnya diklaim ikut tewas.

Para pelayat membawa peti mati pejabat Hamas, yang tewas pada 2 Januari 2024 dalam serangan di pinggiran selatan Beirut, selama prosesi pemakaman mereka di ibu kota Lebanon pada 4 Januari 2024. Pihak berwenang Lebanon dan Hamas menuduh Israel membunuh pemimpin Hamas Saleh al-Aruri dan pejabat lainnya, dan media pemerintah Lebanon mengatakan mereka tewas dalam serangan pesawat tak berawak. Juru bicara militer Israel Daniel Hagari tidak mengomentari secara langsung pembunuhan tersebut namun mengatakan militer
Para pelayat membawa peti mati pejabat Hamas, yang tewas pada 2 Januari 2024 dalam serangan di pinggiran selatan Beirut, selama prosesi pemakaman mereka di ibu kota Lebanon pada 4 Januari 2024. Pihak berwenang Lebanon dan Hamas menuduh Israel membunuh pemimpin Hamas Saleh al-Aruri dan pejabat lainnya, dan media pemerintah Lebanon mengatakan mereka tewas dalam serangan pesawat tak berawak. Juru bicara militer Israel Daniel Hagari tidak mengomentari secara langsung pembunuhan tersebut namun mengatakan militer "sangat siap menghadapi skenario apa pun" setelah kejadian tersebut. (Photo by Anwar AMRO / AFP) (AFP/ANWAR AMRO)

Kabar kematian senior tersebut juga telah dikonfirmasi oleh Hamas dan dua komandan sayap militer Hamas, Brigade Al-Qassam.

Baca juga: Dibantah! Tokoh Hamas Saleh al-Arouri Tidak Tewas oleh Serangan Drone Tapi Dirudal Jet Israel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat