androidvodic.com

Misi Matahari Aditya-L1 India Capai Orbit Matahari setelah Tempuh Perjalanan 4 Bulan - News

News - Misi Matahari Aditya-L1 dari India telah mencapai orbit Matahari setelah menempuh perjalanan selama empat bulan.

Ini adalah sebuah pencapaian terbaru dari ambisi eksplorasi ruang angksa oleh negara di Asia Selatan tersebut.

Dilansir Al Jazeera, misi Aditya-L1 dibawa oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India.

Aditya-L1 diluncurkan oleh Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) pada 2 September 2023 dengan misi mengamati, dan membantu kita lebih memahami Matahari, terang laporan India Express.

Aditya-L1 membawa serangkaian instrumen untuk mengukur dan mengamati lapisan terluar matahari.

Selama 125 hari perjalanan, Aditya-L1 menempuh jarak 15 lakh kilometer.

Misi Aditya-L1 telah berhasil parkir di tempat optimal di ruang angkasa yang luas, sehingga ia dapat melihat Matahari tanpa halangan, dikutip dari India Today.

Tangkapan layar selebaran ini diambil dan diterima dari siaran langsung situs web Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) pada tanggal 2 September 2023, menunjukkan pesawat ruang angkasa Aditya-L1 lepas landas dari Pusat Luar Angkasa Satish Dhawan di Sriharikota, dalam perjalanan ke pusat matahari. Misi terbaru dalam program luar angkasa ambisius India diluncurkan pada tanggal 2 September, dalam perjalanan ke pusat tata surya, seminggu setelah keberhasilan pendaratan tak berawak di Bulan oleh negara tersebut. Aditya-L1 membawa instrumen ilmiah untuk mengamati lapisan terluar Matahari, diluncurkan sesaat sebelum tengah hari untuk memulai perjalanan empat bulannya.
Tangkapan layar selebaran ini diambil dan diterima dari siaran langsung situs web Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (ISRO) pada tanggal 2 September 2023, menunjukkan pesawat ruang angkasa Aditya-L1 lepas landas dari Pusat Luar Angkasa Satish Dhawan di Sriharikota, dalam perjalanan ke pusat matahari. Misi terbaru dalam program luar angkasa ambisius India diluncurkan pada tanggal 2 September, dalam perjalanan ke pusat tata surya, seminggu setelah keberhasilan pendaratan tak berawak di Bulan oleh negara tersebut. Aditya-L1 membawa instrumen ilmiah untuk mengamati lapisan terluar Matahari, diluncurkan sesaat sebelum tengah hari untuk memulai perjalanan empat bulannya. (SRIHARIKOTA, INDIA)

Dengan bangga, Perdana Menteri India, Narendra Modi menyampaikan berita ini.

"India menciptakan sebuah tonggak sejarah lainnya. Observatorium surya pertama di India, Aditya-L1 mencapai tujuannya," ungkap Modi di akun Xnya, Sabtu (6/1/2024).

"Ini adalah bukti dedikasi tanpa henti para ilmuwan kami dalam mewujudkan misi luar angkasa paling kompleks dan rumit," imbuh Modi.

Turut berbahagia dengan keberhasilan Aditya-L1, Menteri Sains dan Teknologi India Jitendra Singh mencurahkan pujiannya di akun media sosialnya.

Ia mnegatakan bahwa wahana tersebut telah mencapai orbit terakhirnya "untuk mengungkap misteri hubungan Matahari-Bumi".

Aditya-L1 telah memposisikan dirinya di Lagrange Point 1.

Baca juga: Rusia Luncurkan Misi ke Bulan Setelah Hampir 50 Tahun Terhenti

Dari sana ia akan melakukan studi komprehensif tentang matahari, dengan fokus pada korona matahari dan pengaruhnya terhadap cuaca luar angkasa.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat