androidvodic.com

Perancis Menuju Perombakan Pemerintahan, Presiden Emmanuel Macron Bisa Memilih Perdana Menteri Baru - News

Prancis Menuju Perombakan Pemerintahan, Presiden Emmanuel Macron Dapat Memilih Perdana Menteri Baru

News- Perancis menuju perombakan pemerintahan, Presiden Emmanuel Macron dapat memilih Perdana Menteri baru.

Macron berencana menunjuk perdana menteri baru dalam perombakan pemerintahan Perancis.

Presiden Perancis Emmanuel Macron dapat memilih perdana menteri baru secepatnya pada hari Senin, ketika ia mencari tampilan baru untuk pemerintahan yang banyak dikritik.

Posisi Perdana Menteri Elisabeth Borne berada dalam posisi lemah sejak rancangan undang-undang imigrasi yang diajukan Macron ditolak di parlemen bulan lalu. Perjanjian tersebut akhirnya disahkan dengan banyak perubahan kontroversial yang dilakukan oleh oposisi kanan-tengah.

Macron, yang juga menghadapi tantangan yang semakin besar dari Partai Nasional sayap kanan Marine Le Pen, bertemu dengan Borne pada Minggu malam.

Kantornya mengatakan diskusi tersebut berpusat pada banjir di Perancis utara dan ancaman pembekuan di seluruh negeri, namun para pengamat mengatakan mereka mungkin membahas perombakan kabinet yang sudah diperkirakan secara luas.

Francois Bayrou, seorang pemimpin berhaluan tengah yang dukungan awalnya terhadap Macron adalah kunci keberhasilan awal pemilu tahun 2017, mengatakan kepada televisi BFM bahwa perubahan diperlukan dalam susunan pemerintahan.

Di bawah sistem Perancis, presiden menetapkan kebijakan umum, namun perdana menteri bertanggung jawab atas pengelolaan pemerintahan sehari-hari, yang berarti mereka sering kali menanggung akibatnya ketika suatu pemerintahan mengalami turbulensi.

Berkonsultasi dengan Tokoh-tokoh Penting

Dalam 20 bulan masa jabatannya sebagai perdana menteri, Borne yang berusia 62 tahun – perempuan kepala pemerintahan kedua di Prancis – telah mendorong reformasi penting mengenai pensiun dan imigrasi melalui sekitar 30 undang-undang baru dan telah mengatasi keraguan sebelumnya tentang masa depannya.

Namun Macron selama seminggu terakhir telah berkonsultasi dengan tokoh-tokoh penting termasuk Bayrou, Menteri Keuangan Bruno Le Maire, dan mantan perdana menteri Edouard Philippe mengenai penyegaran kembali pemerintahan.

Namun tampaknya belum ada keputusan akhir yang diambil sebelum pertemuan dengan Borne.

Seorang penasihat dekat Macron mengatakan presiden sedang menyelesaikan pilihannya dan segala sesuatunya akan berjalan pada awal minggu ini, mungkin dengan perdana menteri baru pada hari Senin.

"Macron sedang terburu-buru", tambah penasihat kedua.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat