androidvodic.com

Seberapa Kuat Hizbullah Lebanon? Mengapa Dia Ada? Bikin Kaget Dunia Karena Bisa Pukul Mundur Israel - News

Seberapa Kuat Hizbullah Lebanon? Mengapa Dia Muncul? Punya Senjata Baru yang Pukul Mundur Israel

News - Milisi Hizbullah Lebanon disebut-sebut menjadi kekuatan tempur Arab pertama yang mengalahkan tentara Israel.

Robert Inlakesh, jurnalis dan penulis yang mengkhususkan pada tinjauan geopolitik timur tengah dari PC, menyebut Hizbullah dianggap sebagai ancaman nyata bagi Israel jika terjadi perang skala penuh lintas batas teritorial.

Baca juga: Ancaman Hizbullah Bukan Isapan Jempol, Keamanan Israel: 1.500 Roket Bakal Hantam Tel Aviv Tiap Hari

Inlakesh menjelaskan, Hizbullah secara luas kerap disalahpahami sebagai kekuatan proksi Iran.

Meski begitu, partai ini merupakan respons organik Lebanon terhadap pendudukan dan invasi Israel pada tahun 1982,.

"Hizbullah kini telah berkembang menjadi kekuatan militer penuh," tulis ulasan Inlakesh.

Dipimpin oleh orator ulung, Seyyed Hassan Nasrallah, pelopor Hizbullah yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal, kelompok Perlawanan Lebanon tersebut diyakini memiliki ratusan ribu rudal.

"Sejumlah besar (rudal) yang tidak diketahui (publik) di antaranya merupakan amunisi berpemandu presisi modern," kata Inlakesh.

Tak Terima Pentolan Hamas Dibunuh, Hizbullah Hujani Israli dengan Roket
Tak Terima Pentolan Hamas Dibunuh, Hizbullah Hujani Israli dengan Roket (Twitter/X)

Perang Agresi Israel

Pada tahun 1982, Israel melancarkan perang agresi terhadap Lebanon, dengan tujuan membubarkan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) yang bermarkas di Ibu Kota Lebanon, Beirut.

Menyusul serangan brutal militer Israel, yang mengakibatkan kematian sekitar 20.000 warga Palestina dan Lebanon, sebagian besar adalah warga sipil, tujuan dari misi agresi Tel Aviv tercapai dan kepemimpinan PLO terpaksa keluar dari negara tersebut.

Namun, yang terjadi selanjutnya bukanlah penarikan sederhana tentara penyerang dari wilayah Lebanon, malah sebaliknya.

"Karena tidak ada lagi yang membela mereka, pasukan Israel menggunakan milisi Kristen sekutunya untuk melakukan pembantaian, terutama terhadap pengungsi Palestina dan Syiah Lebanon, kasus yang paling terkenal adalah pembantaian di kamp Sabra dan Shatila. Selain itu, Israel memutuskan untuk menduduki wilayah selatan Lebanon secara ilegal," kata Inlakesh.

Pasukan elite Radwan Hizbullah dilaporkan menyiapkan pembalasan atas terbunuhnya seorang komandan senior unit mereka, Jawad Al-Taweel. Satu di antara kekhawatiran adalah Pasukan Radwan menjalankan misi masuk menyerbu ke Israel yang akan menghasilkan perang front kedua di Israel. IDF diketahui tengah menggempur Gaza untuk menumpas Hamas.
Pasukan elite Radwan Hizbullah dilaporkan menyiapkan pembalasan atas terbunuhnya seorang komandan senior unit mereka, Jawad Al-Taweel. Satu di antara kekhawatiran adalah Pasukan Radwan menjalankan misi masuk menyerbu ke Israel yang akan menghasilkan perang front kedua di Israel. IDF diketahui tengah menggempur Gaza untuk menumpas Hamas. (i24)

Hizbullah Bermakna The Party of God

Pembantaian yang mengerikan dan pendudukan ilegal di wilayah Lebanon kemudian melahirkan gerakan baru, Hizbullah, yang dalam bahasa Inggris berarti Party of God, ‘Partai Allah’.

Hizbullah Lebanon menjadi terkenal sebagai kelompok perlawanan, merekrut anggotanya dari komunitas Muslim Syiah yang terpinggirkan secara ekonomi dan mewakili mayoritas Syiah Lebanon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat