androidvodic.com

Para Aktivis Siap Gelar Aksi Sedunia pada 13 Januari, Tepat Hari Ke-100 Genosida Israel di Gaza - News

Para Aktivis Siap Gelar Aksi Sedunia pada 13 Januari, Tepat Hari Ke-100 Genosida Israel di Gaza

News- Para aktivis di seluruh dunia, siap menggelar aksi sedunia pada 13 Januari, tepat pada Hari Ke-100 Genosida Israel di Gaza.

Para aktivis bersiap menyambut 'hari aksi' global menjelang hari ke-100 perang Gaza.

Sejumlah kota di seluruh dunia akan mengadakan protes solidaritas pada 13 Januari untuk menuntut Israel menghentikan serangannya terhadap Gaza.

Beberapa negara di Eropa, Afrika, Asia dan Amerika Latin telah menyepakati hari aksi global yang akan menampilkan demonstrasi pada hari Sabtu yang menuntut Israel mengakhiri serangan berdarahnya di Jalur Gaza.

Kelompok advokasi yang berbasis di Inggris yang mengorganisir inisiatif ini mengatakan bahwa demonstrasi tersebut, yang akan berlangsung pada tanggal 13 Januari – hari ke-99 serangan Israel di Gaza – bertujuan untuk memobilisasi orang untuk menuntut gencatan senjata permanen dan diakhirinya serangan Israel di wilayah yang diperangi.

Pawai direncanakan di puluhan kota di berbagai negara termasuk Inggris, AS, Kanada, Prancis, Jerman, Swiss, Denmark, Afrika Selatan, Nigeria, Ghana, Jepang, Indonesia, Korea Selatan, Australia, Brasil, Yordania, Turki, dan beberapa negara lainnya.

Baca juga: Majelis Ormas Islam Aksi Bela Palestina di Depan Kedubes AS, Gema Boikot Hingga Julid Fii Sabilillah

Forum Palestina di Inggris, salah satu dari beberapa kelompok di Inggris yang mengorganisir kampanye tersebut, mengatakan semakin banyak kota yang bergabung dalam aksi global tersebut “mencerminkan komitmen bersama untuk mengakhiri kekerasan di Gaza”.

“Bersama-sama, kita bersatu dalam kampanye #GazaGlobalAction, mengirimkan pesan yang jelas bahwa dunia menuntut perubahan, keadilan, dan masa depan yang bebas dari kekerasan,” kata forum tersebut.

Ia menambahkan “realitas suram” di Gaza “menggarisbawahi kebutuhan mendesak akan perhatian internasional, bantuan kemanusiaan, dan upaya bersama untuk mencapai resolusi konflik yang adil dan abadi.”

Demonstrasi tersebut akan berlangsung sehari sebelum hari ke-100 serangan Israel di Gaza, yang telah menyebabkan setidaknya empat persen penduduk Gaza terbunuh, hilang atau terluka.

Kelompok lain di Inggris yang mengorganisir protes tersebut termasuk Friends of Al Aqsa (FOA), Asosiasi Muslim Inggris, Koalisi Hentikan Perang, Kampanye Solidaritas Palestina (PSC) dan Kampanye Perlucutan Senjata Nuklir.

Kelompok-kelompok tersebut mempelopori protes anti-perang Irak pada tanggal 15 Februari 2003 yang terjadi di lebih dari 600 kota dan menarik jutaan demonstran.

Seruan untuk bergabung dalam hari aksi global ini telah dibagikan secara luas di media sosial dengan menggunakan tagar #CeasefireNow #EndTheSiege dan #FreePalestine.

Ismail Patel, ketua FOA, mengatakan protes 13 Januari bertujuan untuk "memberdayakan komunitas internasional untuk menantang sekutu Israel" dan alasan lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat