androidvodic.com

Upaya Anak-anak Jepang Aktif Bantu Pengungsi Noto Hanto Ishikawa Korban Gempa di Jepang - News

Laporan Koresponden News, Richard Susilo

News, TOKYO - Kabe shimbun (koran dinding) yang dibuat anak-anak imbauan para pengungsi gempa Noto Hanto Ishikawa Jepang mengenai berbagai hal.

"Kalau badan dan kesehatan tidak enak, tolong segera kabari kami. Jangan seenaknya berpindah lokasi tempat tidur. Gunakan pembersih alkohol selalu yang ada di depan toilet. Ayo kita gerakkan tubuh kita (berolahraga)," begitulah informasi yang ditulis di koran dinding tersbeut oleh para anak-anak yang juga jadi pengungsi di Ishikawa.

Di pusat evakuasi di Kota Suzu, Prefektur Ishikawa, yang rusak parah akibat gempa Semenanjung Noto, anak-anak terus membuat koran dinding untuk menghibur korban lainnya.

Misalnya, senam untuk menjaga kondisi fisik diperkenalkan dengan ilustrasi yang digambar tangan, dan menu populer diumumkan untuk membuat membaca menjadi menyenangkan.

Anak-anak tersenyum dan berkata, "Semua orang mengalami kesulitan, jadi kami ingin melakukan yang terbaik."

Koran dinding yang dibuat oleh anak-anak. Himbauan antara cara menggunakan toilet dengan hati-hati ditulis di "Shoin Hinansho Shimbun" yang dibuat di pusat evakuasi yang dibuka di Sekolah Dasar Shoin di Kota Shoin, kota yang sama.

Dua belas siswa sekolah dasar dan menengah pertama yang telah tinggal di daerah tersebut telah bekerja sama sejak 4 Januari membuat kabe shimbun tersebut.

Dalam edisi pertama, informasi tentang dapur umum dan distribusi persediaan seperti celana kertas diposting.

Pada tanggal 5 Januari, isi koran dinding itu memberi tahu mereka bahwa beberapa orang menderita flu, dan menjelaskan bahwa nasi kari adalah hasil paling populer dari kuesioner yang dilakukan kepada sekitar 40 orang sambil menyeimbangkan kelompok usia dan rasio jenis kelamin dari menu yang lezat dari dapur umum hingga tanggal tersebut.

Artikel harian yang akan diterbitkan diputuskan oleh "pertemuan editorial" dengan saran orang dewasa.

Dibutuhkan sekitar satu setengah jam untuk menulis kalimat dan ilustrasi dengan pulpen felt-tip pada empat lembar kertas imitasi (lebar sekitar 1 meter dan tinggi 80 cm), lalu memotong dan menempelkan kertas tersebut ke dalam bentuk hati. Para pengungsi berkomentar bahwa mereka "lega dengan ilustrasi" dan "Saya berterima kasih atas kerja keras anak-anak."

Seorang siswi tahun pertama di SMP Midorioka di kota yang sama, yang membuat koran dinding keenam pada tanggal 8 Januari, mengatakan, "Tidak menarik jika itu hanya catatan peringatan, jadi saya sadar untuk memasukkan konten yang menyenangkan juga." Mahasiswi lain menekankan, "Ada banyak orang tua di tempat penampungan ini, jadi kami anak muda harus pindah."

Sekitar 700 orang tinggal di pusat evakuasi, termasuk mereka yang tinggal di mobil mereka, dan sekitar 260 orang tinggal di sana pada 8 Januari. Anak-anak juga aktif terlibat dalam senam dan permainan dengan para korban.

Pemimpin pusat evakuasi, Mitsuki Hamaki yang berusia 76 tahun, mengatakan, "Anak-anak memberi energi dan semangat hidup pada tempat penampungan."

Saat ini (11/1/2024) tercatat 213 tewas akibat bencana alam di Noto Hanto di Prefektur Ishikawa, setidaknya 567 terluka parah masih dalam perawatan di Ishikawa.

Sementara itu bagi para UKM Handicraft dan pecinta Jepang yang mau berpameran di Tokyo dapat bergabung gratis ke dalam whatsapp group Pecinta Jepang dengan mengirimkan email ke: info@sekolah.biz Subject: WAG Pecinta Jepang. Tuliskan Nama dan alamat serta nomor whatsappnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat