androidvodic.com

Israel Klaim Temukan Terowongan Besar Hamas di Khan Younis: Panas dan Lembap hingga Ada DNA Sandera - News

News - Militer Israel mengklaim telah menemukan terowongan luas Hamas yang digunakan untuk menyandera di bawah kota Khan Younis.

Pernyataan Israel itu disampaikan di saluran pesan Telegramnya, Kamis (11/1/2024).

"Sehari yang lalu, IDF mengungkap terowongan bawah tanah luas yang digali oleh organisasi Hamas di bawah kota Khan Yunis," kata IDF, Kamis, dilansir The Guardian.

"Terowongan itu terhubung ke jaringan terowongan bawah tanah yang luas di bawah kawasan sipil di kota."

"Jutaan syikal diperkirakan telah diinvestasikan dalam penggalian terowongan dan melengkapinya dengan sistem ventilasi udara, pasokan listrik, dan pipa ledeng."

"Setelah menyelidiki terowongan tersebut, dapat dipastikan bahwa sandera Israel pernah berada di dalam terowongan tersebut," lanjut IDF.

Sementara itu, IDF juga telah mengeluarkan rekaman video yang diklaim menunjukkan terowongan di bawah Khan Younis.

Namun, klaim tersebut belum diverifikasi secara independen.

"Selama pertempuran bawah tanah, pasukan menempatkan lebih dari 300 terowongan, beberapa mengarah ke terowongan penting, poros taktis, dan area bawah tanah yang digunakan sebagai fasilitas penyimpanan senjata dan area pertempuran," kata IDF.

Diklaim Panas hingga Ada DNA Sandera

Israel juga mengatakan, pihaknya telah menemukan jejak sandera di sebuah terowongan bawah tanah di kota selatan Khan Younis di Gaza.

Baca juga: Diklaim Israel Sudah Terpojok, Yahya Sinwar Kirim Surat Penting dari Gaza ke Anggota Hamas

Para jurnalis dikawal oleh militer menuju terowongan, yang tersembunyi di bawah gubuk timah di halaman perumahan yang dikelilingi reruntuhan rumah dan jalan yang hancur.

Di dalam terowongan, yang dilaporkan panas dan lembap serta dindingnya dilapisi kabel listrik, militer Israel mengatakan telah menemukan bukti bahwa para sandera pernah berada di sana, termasuk DNA mereka.

“Para sandera ditahan di sini dalam sistem terowongan ini,” ujar Kepala Juru Bicara tentara Israel, Daniel Hagari, Rabu (10/1/2024), dikutip dari Euronews.

Sementara itu, Hagari tidak memberikan rincian tentang apa yang sebenarnya ditemukan di terowongan tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat