androidvodic.com

Joe Biden Melancarkan Serangan ke Houthi Tanpa Persetujuan Kongres, Perang Terancam Meluas - News

Joe Biden Melancarkan Serangan ke Houthi Tanpa Persetujuan Kongres, Perang Terancam Meluas

News- Partai Demokrat mengecam Joe Biden karena melancarkan serangan ke milisi Houthi tanpa persetujuan Kongres.

Sementara itu, beberapa anggota Partai Republik memuji serangan tersebut dalam bentuk kritik yang lebih luas terhadap tindakan kebijakan luar negeri pemerintah.

Anggota parlemen dari Partai Demokrat pada hari Kamis menanggapi dengan marah tindakan Presiden Joe Biden yang melancarkan serangan balasan terhadap kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman tanpa terlebih dahulu meminta persetujuan kongres.

Serangan tersebut menandai respons besar pertama militer AS terhadap serangan yang dilakukan kelompok tersebut terhadap kapal komersial sejak dimulainya perang Israel-Hamas.

Pemerintahan Biden membenarkan serangan gabungan dengan Inggris, yang didukung oleh Belanda, Kanada, Bahrain, dan Australia, dilakukan sesuai dengan hak yang melekat pada pertahanan diri individu dan kolektif, sesuai dengan Piagam PBB.

Anggota parlemen berpendapat bahwa tindakan tersebut melanggar Pasal 1 Konstitusi, yang mengharuskan tindakan militer mendapat izin dari Kongres. Biden memberi tahu Kongres tetapi tidak meminta persetujuannya.

“Ini adalah pelanggaran Konstitusi yang tidak dapat diterima,” tulis Rep. Pramila Jayapal (D-Wash.), yang mengetuai Kaukus Progresif, di media sosial.

Baca juga: Populer Internasional: Perang Menjalar dari Gaza ke Tepi Barat - Rencana Joe Biden dengan Israel

Perwakilan Progresif Rashida Tlaib (D-Mich.) dan Rep. Cori Bush (D-Mo.) senada dengan Jayapal, mengecam “perang tanpa akhir” dan menyebut tindakan Biden inkonstitusional.

“Presiden perlu datang ke Kongres sebelum melancarkan serangan terhadap Houthi di Yaman dan melibatkan kita dalam konflik Timur Tengah lainnya. Itu Pasal I UUD. Saya akan membela hal itu terlepas dari apakah seorang Demokrat atau Republik berada di Gedung Putih,” kata Perwakilan California Ro Khanna (D-Calif.) di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Perwakilan Ilhan Omar (D-Minn.) me-retweet Khanna.

Senator Mike Lee (R-Utah) menanggapi postingan Khanna dengan setuju, menulis bahwa “Konstitusi penting, terlepas dari afiliasi partainya.” Anggota Parlemen Thomas Massie (R-Ky.), juga memuji “prinsip” Khanna dalam sebuah postingan media sosial. Rep Chip Roy (R-Texas) mengatakan bahwa dia terbuka untuk menyerang Yaman, tetapi mempertanyakan mengapa keputusan tersebut tidak dibuat oleh Kongres.

Anggota Parlemen Mark Pocan (D-Wisc) juga menuntut Gedung Putih bekerja sama dengan Kongres sebelum melanjutkan penyerangan. “Amerika Serikat tidak dapat mengambil risiko terlibat dalam konflik yang telah berlangsung selama puluhan tahun tanpa izin Kongres,” tulisnya dalam sebuah postingan di media sosial.

Sementara itu, beberapa anggota Partai Republik memuji penyerangan tersebut sebagai kritik yang lebih luas terhadap pemerintah.

Baca juga: Acuhkan Resolusi PBB, Pemimpin Houthi Bersumpah Intensifkan Serangan di Laut Merah

Pemimpin Partai Republik di Senat, Mitch McConnell, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia menyambut baik serangan AS, dan menulis bahwa penggunaan kekuatan “sudah terlambat.”

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat