androidvodic.com

Kota Kuno Besar Ditemukan di Amazon, Tertutup dan Tersembunyi selama Ribuan Tahun - News

News - Sebuah kota kuno besar ditemukan di Amazon, selama ini tertutup dan tersembunyi di antara hutan hujan selama ribuan tahun.

Para arkeolog telah menemukan kota yang hilang di hutan hujan Amazon, yang diperkirakan merupakan rumah bagi sedikitnya 10.000 petani, sekitar 2.000 tahun yang lalu, lapor The Guardian.

Selama ribuan tahun, kota kuno itu tersembunyi oleh tumbuhan subur.

Dikutip dari BBC, penemuan ini bisa saja menjadi awal baru pengetahuan tentang sejarah masyarakat yang tinggal di Amazon.

Daerah tempat ditemukannya kota kuno itu terletak di bawah bayang-bayang gunung berapi yang menciptakan tanah subur.

Namun, gunung itu mungkin juga menyebabkan kehancuran sebuah masyarakat.

Meskipun kita mengetahui tentang kota-kota di dataran tinggi Amerika Selatan, seperti Machu Picchu di Peru, diyakini bahwa masyarakat hanya hidup secara nomaden atau di pemukiman kecil di Amazon.

"Ini lebih tua dibandingkan situs lain yang kita kenal di Amazon," ungkap Prof. Stephen Rostain, Direktur di National Centre for Scientific Research, Prancis.

"Ini mengubah cara kita memandang budaya Amazon," lanjut pria yang memimpin penelitian tersebut.

"Kebanyakan orang menggambarkan kelompok kecil, mungkin telanjang, tinggal di gubuk dan membuka lahan – ini menunjukkan orang-orang zaman dahulu hidup dalam masyarakat perkotaan yang rumit," kata rekan penulis Antoine Dorison.

Masih Sulit Buat Perkiraan Akurat

Baca juga: Ornamen Gading Berusia 2.800 Tahun Ditemukan di Situs Arkeologi Kota Kuno Hattusa, Turkiye

Arkeolog berpendapat kota kuno ini dibangun sekitar 2.500 tahun yang lalu, dan orang-orang tinggal di sana hingga 1.000 tahun.

Sulit untuk memperkirakan secara akurat berapa banyak orang yang tinggal di sana pada suatu waktu. Namun, para ilmuwan mengatakan jumlahnya pasti mencapai 10.000 atau 100.000.

Para arkeolog menggabungkan penggalian tanah dengan survei area seluas 300 kilometer persegi (116 mil persegi) menggunakan sensor laser yang diterbangkan dengan pesawat yang dapat mengidentifikasi sisa-sisa kota di bawah tumbuhan dan pepohonan yang lebat.

kota kuno besar Amazon
Sebuah kota kuno besar ditemukan di Amazon, selama ini tertutup dan tersembunyi di antara hutan hujan selama ribuan tahun. - Arkeolog telah menemukan kota yang hilang di hutan hujan Amazon, yang diperkirakan merupakan rumah bagi sedikitnya 10.000 petani, sekitar 2.000 tahun.

Teknologi LiDAR ini menemukan 6.000 platform persegi panjang berukuran sekitar 20 meter (66 kaki) kali 10 meter (33 kaki) dan tinggi 2-3 meter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat