androidvodic.com

Hampir 24.000 Warga Palestina Tewas dalam Serangan IDF di Gaza Sejak 7 Oktober - News

News - Hampir 24.000 warga Palestina tewas dalam serangan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Pada Jumat (12/1/2024), Kementerian Kesehatan Gaza menguraikan setidaknya 23.708 warga Palestina telah tewas dan 60.005 lainnya terluka dalam serangan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Sekitar 151 warga Palestina tewas dan 248 lainnya luka-luka dalam 24 jam terakhir.

Seorang jurnalis AFP melaporkan serangan dan tembakan artileri menghantam daerah antara kota Khan Younis di selatan dan Rafah, yang dipenuhi orang-orang yang mengungsi dari utara.

Fotografer AFP menyaksikan asap hitam mengepul pada Jumat (12/1/2024) pagi di atas Rafah, tempat warga Palestina berkumpul di samping kantong mayat berwarna putih berisi korban terbaru.

"Pemboman tersebut menewaskan sedikitnya 59 orang dan melukai puluhan lainnya di seluruh wilayah yang terkepung," kata Kementerian Kesehatan di Gaza yang dikuasai Hamas.

Di tempat lain di Rafah, warga Fayad Abu Rjeila mengamati reruntuhan sebuah bangunan setelah serangan Israel yang menurutnya telah menewaskan warga sipil di rumah mereka.

"Mereka tidak ada hubungannya dengan apa pun. Orang-orang yang hanya ingin hidup," katanya kepada AFP.

"Mengapa mereka menargetkan mereka?," tanyanya.

Bersumpah untuk melenyapkan Hamas, Israel telah melakukan pemboman tanpa henti, bersamaan dengan invasi darat, sejak pejuang Hamas menyerang Israel pada tanggal 7 Oktober.

Baca juga: Mesir Bantah Tuduhan Israel di ICJ soal Cegah Bantuan Masuk Gaza: Itu Kebohongan yang Dibuat Israel

Situasi Perang Israel-Hamas Terbaru

- Direktur Bantuan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Martin Griffiths mengatakan bahwa operasi Israel di Gaza dilakukan "hampir tanpa mempertimbangkan dampaknya terhadap warga sipil".

Menambahkan bahwa warga Palestina mungkin tidak dapat kembali ke Gaza utara karena kehancuran yang meluas.

- Pemboman Israel terhadap Gaza memutus akses telekomunikasi dan internet, sehingga mempersulit upaya penyelamatan oleh pekerja medis.

- Pekerja medis di Rumah Sakit Al-Aqsa berjuang untuk merawat pasien setelah fasilitas tersebut kehabisan bahan bakar, membuat salah satu rumah sakit fungsional terakhir di wilayah tersebut berada dalam kegelapan dan membahayakan nyawa pasien.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat