androidvodic.com

Joe Biden Mulai Hilang Kesabaran Terhadap Ulah Benjamin Netanyahu, Israel Abaikan 3 Permintaan AS - News

News, WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat Joe Biden mulai kehilangan kesabaran terhadap Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait perang di Gaza, Palestina.

Dikutip dari situs berita Axios, Minggu (14/1/2023), Biden dan para pejabat senior Amerika mulai geram terhadap ulah Netanyahu yang mengabaikan permintaan AS terkait konflik di Gaza.

"Situasinya buruk dan kita terjebak. Kesabaran presiden sudah habis," ujar seorang pejabat senior Gedung Putih yang dikutip Axios.

Dalam laporannya, Axios juga mengungkapkan bahwa Biden sudah tidak berbicara dengan perdana menteri Israel itu selama 20 hari terakhir.

Percakapan telepon terakhir antara Biden dan Netanyahu terjadi pada 23 Desember.

Bahkan digambarkan percakapan keduanya berlangsung menegangkan.

“Ada rasa frustrasi yang sangat besar,” kata pejabat AS lainnya kepada Axios.

AS dilaporkan meminta setidaknya 3 hal kepada Netanyahu.

Yakni, pencairan pendapatan pajak Palestina yang ditahan oleh Israel.

Kedua, AS juga menyoroti kelambanan Israel untuk mengizinkan lebih banyak bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

AS juga meminta untuk dibentuknya otoritas Palestina yang ditolak Netanyahu.

Sebagaimana diketahui, Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok perlawanan Palestina yang diklaim Tel Aviv menewaskan 1.200 orang di Israel.

Setidaknya 23.968 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan 60.582 orang terluka, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Menurut PBB, 85 persen penduduk Gaza telah menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih, dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau hancur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat