androidvodic.com

Tepi Barat Berada di Ambang Perang Israel Berikutnya, Ibarat Bom Waktu yang Akan Segera Meledak - News

Tepi Barat Berada di Ambang Perang Israel Berikutnya, Ibarat Bom Waktu yang Akan Segera Meledak

News- Daerah Palestina di area Tepi Barat ibaratnya seperti bom waktu, berada di ambang Perang Israel berikutnya.

Ketika para ekstremis Yahudi yang dilindungi tentara melancarkan kerusuhan di kota-kota Palestina, dan Otoritas Palestina yang sangat tidak populer dan didukung AS nyaris tidak bisa mempertahankan kendalinya, Tepi Barat bersiap menghadapi ledakan berikutnya yang bisa berubah menjadi medan perang Israel berikutnya.

Bersamaan dengan serangan militer di Gaza, partai-partai keagamaan ekstremis dalam koalisi pemerintah Israel memanfaatkan peluang strategis setelah Operasi Banjir Al-Aqsa untuk meluncurkan agenda pengungsian sistematis di Tepi Barat yang diduduki.

Kebijakan diam-diam ini difasilitasi oleh beberapa faktor, terutama, meningkatnya kekerasan pemukim pasca 7 Oktober, meningkatnya tekanan politik terhadap Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, dan pengaruh ekstremis pemukim terhadap koalisi penguasa Israel dan lembaga-lembaga penting pemerintah. khususnya Kementerian Keuangan

Sebagai contoh, hampir $250 juta (Rp 3,9 Triiun) dari anggaran nasional yang dialokasikan untuk biaya perang pada bulan Desember 2023 diarahkan oleh Menteri Keuangan radikal Israel Bezalel Smotrich untuk proyek pemukiman di Tepi Barat.

Segera setelah pengumuman tersebut, Uni Eropa mengkritik ketentuan pendanaan pemukiman dalam anggaran yang direvisi, dengan tepat menyatakan bahwa perluasan pemukiman ilegal Israel dan pemindahan paksa warga Palestina melemahkan keamanan di Tepi Barat yang diduduki, dan tidak akan membuat Israel lebih aman.


Perang diam-diam di Tepi Barat

Sebagai tanggapan, Tel Aviv secara signifikan memperketat cengkeramannya terhadap warga Palestina di Tepi Barat. Hal ini termasuk menghalangi pekerja Palestina untuk bekerja di Israel dan penolakan menteri keuangan untuk mentransfer dana izin Palestina ke Otoritas Palestina (PA) untuk membayar gaji pekerja di Gaza.

Di bidang militer, Israel telah melancarkan kampanye besar-besaran di Tepi Barat sejak 7 Oktober, yang mengakibatkan kematian ratusan orang dan penangkapan lebih dari 6.000 warga Palestina. Tindakan kekerasan, pemindahan paksa warga sipil, dan serangan pemukim bersenjata – yang dimungkinkan oleh transfer senjata dari Menteri Keamanan Nasional Israel yang ekstremis Itamar Ben Gvir – meningkat secara dramatis di seluruh wilayah pendudukan.

Ben Gvir, yang memimpin agenda tersembunyi partai-partai nasionalis dan agama dalam pemerintahan koalisi, memanfaatkan peristiwa Banjir Al-Aqsa untuk menggusur 25 komunitas Badui Palestina, termasuk 266 keluarga di kaki bukit sebelah timur dekat Ramallah dan Lembah Jordan.

Pada tahun ini, di bawah tekanan dari sekutu-sekutu ekstremisnya, Netanyahu telah menghentikan penghancuran pos-pos ilegal Yahudi di Tepi Barat, hal ini bertentangan dengan rekomendasi Menteri Pertahanan Yoav Galant yang berusaha meredakan ketegangan di Tepi Barat ketika konflik berkecamuk di wilayah utara dan front selatan Israel.

Pada awal Januari, Smotrich dan Ben Gvir secara terbuka menyerukan pengungsian warga Gaza untuk memberi jalan bagi kembalinya pemukim Zionis ke Jalur Gaza untuk pertama kalinya sejak pengusiran mereka pada tahun 2005. Komentar-komentar mereka yang bersifat agresif memicu keretakan baru dengan pemerintahan AS di bawah kepemimpinan Joe Biden, yang dengan tajam mengkritik retorika Tel Aviv yang “menghasut dan tidak bertanggung jawab”.


Misi Antony Blinken di Ramallah

Kunjungan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken baru-baru ini dengan Presiden Otoritas Palestina (PA) Mahmoud Abbas tidak terfokus pada diskusi pascaperang mengenai Gaza, seperti yang banyak disarankan oleh Washington, namun pada upaya untuk mengendalikan kebakaran di Tepi Barat.

Wilayah Palestina yang diduduki saat ini adalah bom waktu yang dapat meledak kapan saja, dalam insiden apa pun, kecil atau besar, dan dapat membahayakan upaya Amerika untuk meredakan dan mengelola eskalasi militer di perbatasan Lebanon.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat