androidvodic.com

Mimpi Besar Astronot Pertama Turki, Mau Lakukan 13 Eksperimen di Stasiun Luar Angkasa Internasional - News

News - Mimpi besar astronot pertama asal Turki, yang mengaku berencana melakukan 13 eksperimen di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Sebuah momen bersejarah bagi Turki, ketika Kolonel Alper Gezeravcı, akan melakukan eksperimen ilmiah selama dua minggu ketika berada di ISS.

Awalnya, misi Gezeravcı dijadwalkan meluncur pada 9 Januari 2024, dikutip dari Daily Sabah.

Namun akhirnya, pilot F-16 yang menjalankan misi Ax3 itu meluncur dari Florida, Amerika Serikat (AS0 pada Kamis (18/1/2024) pukul 17.11 waktu setempat.

Gezeravcı adalah bagian dari kru internasional yang terdiri dari astronot Spanyol, Italia dan Swedia.

Tim penjelajah diperkirakan berlabuh di ISS pada pukul 13.15 waktu Turki pada Jumat (19/1/2024).

Sepanjang misi, Gezeravcı melakukan 13 eskperimen ilmiah berbeda atas nama universitas dan pusat limiah Turki.

Misi penting ini menandai pencapaian signifikan bagi Turki di bidang eksplorasi ruang angkasa.

Nama Gezeravcı bakal tercatat telah berkontribusi terhadap kemajuan pengetahuan ilmiah dan kolaborasi internasional.

Apa Saja Eksperimen Astronot Pertama Turki?

Berikut ini rangkuman eksperimen yang dilakukan astronot pertama Turki di ISS:

Baca juga: Rusia-AS Sukses Kirim Kosmonot dan Astronot ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

  1. Eksperimen pertama Gezeravcı dikembangkan oleh Pusat Penelitian Marmara dari Dewan Penelitian Ilmiah dan Teknologi Türkiye (TUBITAK), yang berbasis di barat laut Türkiye, untuk mempelajari produksi paduan berkekuatan tinggi yang tahan terhadap suhu tinggi.
  2. Dikutip Iletisim, eksperimen kedua yang dikembangkan oleh Marmara Center, eksperimen gMETAL, akan menyelidiki pengaruh gravitasi pada penciptaan campuran homogen antara partikel padat dan media fluida dalam kondisi tanpa reaksi kimia.
  3. Selanjutnya, eksperimen yang dikembangkan oleh Universitas Bogazici Türkiye dengan Pusat Marmara bertujuan untuk melakukan uji pertumbuhan dan ketahanan spesies mikroalga yang beradaptasi dengan kondisi bumi yang keras dalam kondisi non-gravitasi, untuk memeriksa perubahan metabolisme mereka, menentukan kinerja penangkapan karbon dioksida dan kemampuan produksi oksigen dan mengembangkan sistem pendukung kehidupan.
  4. Lalu ada Proyek Extremophyte, yang dikembangkan oleh Universitas Ege di Kota Aegean Izmir, berupaya mengungkap transkriptom melalui pengurutan generasi berikutnya pada tanaman yang tumbuh di luar angkasa dan di Bumi yang terpapar tekanan garam dan untuk membandingkan beberapa respons fisiologis dan molekuler tanaman glikofit dan halofit. terhadap stres garam dalam gayaberat mikro.
  5. Kemudian eksperimen Metabolom dari Universitas Ankara bertujuan untuk mengeksplorasi dampak negatif kondisi luar angkasa terhadap kesehatan manusia. Untuk mengurangi dampak ini, penelitian ini akan mengkaji perubahan fisiologis dan biokimia dalam ekspresi gen dan metabolisme astronot yang mengambil bagian dalam misi luar angkasa.
  6. Anadolu melaporkan, eksperimen Myeloid yang dikembangkan oleh Universitas Hacettepe Ankara bertujuan untuk mengukur dan mengevaluasi kondisi perjalanan dan ruang angkasa serta kerusakan radiasi kosmik yang dialami peserta misi luar angkasa secara imunologis pada tingkat sel penekan yang diturunkan dari myeloid.
  7. Eksperimen Pesan, yang dikembangkan oleh Universitas Üsküdar di Istanbul menggunakan metode rekayasa gen CRISPR, berupaya mengidentifikasi gen yang fungsinya belum ditemukan dan untuk menentukan sel kekebalan mana yang akan terpengaruh langsung oleh gravitasi selama misi luar angkasa.
  8. Dengan eksperimen Algalspace, yang dikembangkan oleh Universitas Teknik Yildiz Istanbul, data pertumbuhan mikroalga Antartika dan iklim sedang di luar angkasa akan dibandingkan, dan studi tentang penggunaan alga kutub di luar angkasa akan dilakukan untuk pertama kalinya.

    Di luar angkasa, alga akan diselidiki untuk digunakan dalam regenerasi oksigen dari karbon dioksida, pasokan makanan tambahan, perbaikan kualitas air, dan dukungan kehidupan.
  9. Eksperimen CRISPR-Gem, juga dari Universitas Yildiz, berupaya menyelidiki efektivitas teknik penyuntingan gen CRISPR dalam biologi molekuler, pada tanaman di lingkungan gayaberat mikro untuk memahami dan meningkatkan mekanisme pertahanan tanaman, yang merupakan kerangka sistem pendukung kehidupan bioregeneratif.
  10. Dengan eksperimen Pranet yang disiapkan oleh mahasiswa Mus Science and Art Center, pengaruh propolis pada bakteri di lingkungan gayaberat mikro akan diselidiki.
  11. Eksperimen VocalCORD yang dilakukan oleh Universitas Halic Istanbul akan mencoba mendeteksi gangguan pada fisiologi sistem pernafasan dari perubahan frekuensi suara dengan dukungan kecerdasan buatan jam tangan pintar dan menyelidiki efek gravitasi nol pada suara manusia.
  12. Eksperimen Saturasi Oksigen dari Universitas Nişantaşı Istanbul berupaya mengidentifikasi perbedaan dan gangguan yang disebabkan oleh gravitasi rendah dengan menghitung tingkat oksigen di udara yang diberikan dengan dukungan kecerdasan buatan.
  13. Dengan eksperimen Miyoka dari TUBITAK Space Technologies Research Institute, Gezeravcı akan merakit komponen bebas timah pada kartu elektronik di stasiun, dan kemudian kembali ke Bumi untuk melakukan pemeriksaan mendetail, menguji efek gayaberat mikro pada proses penyolderan bebas timah

Didirikan pada tahun 2018, Badan Antariksa Turki meluncurkan program luar angkasanya pada tahun 2019.

Menyusul diperkenalkannya Program Luar Angkasa Nasional oleh Presiden Recep Tayyip Erdoğan pada 2021, inisiatif diluncurkan untuk mendorong warga Turki ke luar angkasa.

Badan Antariksa Turki merilis lamaran astronot pada Mei 2022, memilih kandidat berdasarkan keahlian di bidang teknik, fisika, kedokteran, astronomi, dan olahraga.

Pada bulan April 2023, Erdoğan mengungkapkan Gezeravcı sebagai penjelajah ruang angkasa Turki pertama selama Teknofest, acara teknologi utama Türkiye.

Dalam pengumumannya baru-baru ini, Erdoğan menekankan pentingnya misi Ax3, menyoroti perannya sebagai upaya ilmiah dan sumber inspirasi bagi anak-anak dan remaja.

"Kami membayangkan ini sebagai awal yang baru. Komitmen kami terhadap misi ini akan bertahan, dan kami akan terus berupaya mencapai pencapaian baru," kata Erdoğan.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat