androidvodic.com

Puluhan Rudal Hantam Pangkalan Militer AS di Irak, 1 Tentara Amerika Terluka - News

News - Pasukan Amerika Serikat (AS) yang ditempatkan di pangkalan militer Ein al-Assad di Irak terkena serangan lebih dari 20 rudal pada hari Sabtu (220/1/2024).

Hal ini dikonfirmasi oleh sumber resmi Amerika, yang berbicara tanpa menyebut nama tentang penilaian awal di pangkalan tersebut.

Menurut sumber tersebut, pangkalan militer AS diserang dengan rudal balistik, tapi ada kemungkinan juga melibatkan roket, dikutip dari Yedioth Ahronoth.

Akibat serangan rentetan rudal, 1 tentara Amerika mengalami luka-luka dan fasilitas di sekitar mengalami kerusakan.

Kelompok Perlawanan Islam di Irak, mengklaim serangan tersebut.

"Sejumlah rudal jatuh di dekat markas Brigade ke-29, Divisi 7, yang berafiliasi dengan Al-Jazeera Komando Operasi, di pangkalan Ain Al-Assad Irak, melukai seorang tentara dan menyebabkan kerusakan pada markas besar," kata juru bicara panglima angkatan bersenjata, Mayor Jenderal Yahya Rasoul, dikutip dari Anadolu Agency.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok tersebut mengatakan mereka menyerang pangkalan militer AS dengan rentetan rudal.

Mereka juga mengatakan akan terus menyerang sasaran AS di negara tersebut.

Rasoul menjelaskan bahwa pangkalan Ain al-Assar merupakan markas besar militer Irak.

“Pangkalan Ain al-Assad berisi markas besar unit militer kami, serta pangkalan udara, resimen perlindungan dan penjagaan, markas komando Jazeera, serta kamp pelatihan Irak,” tambahnya.

Rasoul menekankan bahwa aparat keamanan akan menghubungi para pelaku dan membawa mereka ke pengadilan.

Baca juga: Perang Israel-Hamas di Gaza Masih Berlanjut, Mengapa Kini Iran Serang Pakistan, Suriah dan Irak?

Serangan rudal ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah setelah terjadinya konflik antara Israel-Hamas pada 7 Oktober 2023.

Sebelumnya, pada hari Kamis sebuah pesawat tak berawak Amerika jatuh di utara Baghdad, dikutip dari Asharq Al-Aswat.

Hal ini terjadi setelah militan yang didukung Iran mengklaim mereka menembaki sebuah pesawat tak berawak yang terbang di atas Irak.

“Sebuah UAV AS jatuh di dekat pangkalan udara Balad, Irak” pada Kamis malam waktu setempat," kata seorang pejabat pertahanan AS.

Kelompok-kelompok pro-Iran ini dengan keras menentang dukungan AS terhadap Israel dalam perang melawan Hamas di Jalur Gaza, yang meletus pada tanggal 7 Oktober, dikutip dari Arab News.

Amerika Serikat memimpin koalisi internasional memerangi jihadis di Irak dan negara tetangga Suriah, dan pasukannya berulang kali diserang dalam beberapa bulan terakhir.

(News/Farrah Putri)

Artikel Lain Terkait Irak dan Amerika Serikat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat