androidvodic.com

Gaza Tengah Meledak! 21 Tentara Israel Tewas Dalam Sehari, Kena RPG Hamas atau Ranjau Sendiri?  - News

21 Tentara Brigade Infanteri 261 Israel Tewas Dalam Sehari, Kena RPG Hamas atau Ranjau Teman Sendiri? 

News - Sebanyak 21 tentara dan perwira Israel terbunuh oleh Perlawanan Palestina dalam satu hari pertempuran di Jalur Gaza tengah.

Demikian ungkap pengumuman yang dibuat oleh juru bicara pasukan pendudukan Israel (IDF), Selasa (23/1/2024).

Ditambah tiga tentara IDF yang dilaporkan tewas sebelumnya, jumlah korban tewas pasukan Israel dalam 24 jam meningkat menjadi 24.

Baca juga: 100 Ribu Tentara Israel di Perbatasan Utara Siap Serbu Lebanon, Hizbullah Sambut Pakai Rudal Duluan

10 Tentara Tewas di Gedung yang Penuh Bahan Peledak

Sebelumnya, militer Israel hanya merilis nama tiga tentara pendudukan yang tewas pada pertempuran di Jalur Gaza selatan.

Namun sebuah pernyataan baru-baru ini dari IDF menyebut jumlah korban tersebut naik drastis.

Untuk pertempuran di Gaza Selatan, nama 10 tentara dan perwira yang terbunuh di dekat Khan Younis telah dirilis, nama-nama lainnya tetap dirahasiakan karena "sensitivitas" informasi tersebut.

Pernyataan yang dikeluarkan IDF, Selasa pagi, didahului dengan beredarnya bocoran daftar yang memuat nama korban 10 tentara IDF di akun media sosial dan media Israel.

Akhirnya, juru bicara IDF muncul dalam siaran televisi dan mengungkapkan kalau insiden tersebut terjadi di dekat Kibbutz Kissufim, di seberang beberapa kamp pengungsi dan kota-kota di Jalur Gaza tengah.

Dia mengatakan kalau 21 tentara yang beroperasi di daerah yang hanya berjarak 600 meter dari pagar pemisah tewas, ketika mereka bersiap untuk menghancurkan sejumlah rumah warga Palestina untuk membentuk “zona penyangga”.

“Sejauh yang kami tahu, sekitar jam 4 sore, sebuah RPG ditembakkan oleh [Pejuang Perlawanan] ke sebuah tank yang mengamankan pasukan, dan secara bersamaan, sebuah ledakan terjadi di dua bangunan berlantai dua. Bangunan-bangunan tersebut runtuh karena ledakan ini, sementara sebagian besar pasukan berada di dalam dan di dekat mereka,” tegasnya.

Dengan adanya laporan bertambahnya korban jiwa pasukan IDF tersebut, jumlah korban tewas tentara Israel sejak dimulainya invasi darat ke Jalur Gaza telah meningkat menjadi 221 orang, menurut apa yang dilaporkan oleh koresponden militer untuk saluran Kan Israel, Itay Blumental.

Warga Palestina memeriksa kerusakan menyusul serangan Israel di daerah Zawayda di Jalur Gaza tengah pada 30 Desember 2023
Warga Palestina memeriksa kerusakan menyusul serangan Israel di daerah Zawayda di Jalur Gaza tengah pada 30 Desember 2023 (AFP)

Tentara Israel Tewas Kena RPG atau Ranjau Teman Sendiri?

Meskipun pernyataan tersebut memberikan gambaran umum mengenai insiden tersebut, namun pernyataan tersebut tidak membahas seluk-beluk pertempuran tersebut secara spesifik.

Pernyataan itu juga tidak memberikan rincian tentang bagaimana para prajurit IDF itu tewas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat