androidvodic.com

CAR Ungkap Temuan Amunisi Rusia dengan Karakter Korea, Hubungan Kremlin-Pyongyang Kian Kentara - News

News - Rusia sepertinya tidak lagi menutup-nutupi kedekatan mereka dengan Korea Utara dalam beberapa waktu terakhir.

Selain kedatangan Menteri Luar Negeri Korea Utara ke Kremlin Selasa (16/1/2024) pekan lalu, kini muncul lagi butki kedekatan antara dua negara penganut paham komunisme tersebut.

Hal ini terjadi setelah sebuah karakter Korea tulisan tangan ditemukan pada rudal balistik yang ditembakkan Rusia ke Ukraina pada Rabu (24/1/2024).

Amunisi dengan karakter Chosongul atau alternatif dari Hangul yang dipakai Korea Selatan ini pun menambah kecurigaan terhadap transaksi senjata antara Korea Utara dan Rusia seiring meningkatnya hubungan militer mereka.

Sebelumnya pada awal bulan Januari ini, Gedung Putih mengklaim Korea Utara telah memberikan bantuan suplai amunisi ke Rusia dalam bentuk lusinan misil dan beberapa jenis perlengkapan senjata lainnya.

Beberapa di antaranya disebut telah digunakan untuk menyerang Ukraina sejak akhir Desember 2023 hingga awal Januari 2024 lalu.

"Pada suatu barometer yang didokumentasikan di Ukraina pada 11 Januari 2024 sebagai bagian dari serpihan rudal, penyelidik Conflict Armament Research (CAR) mengamati label dengan karakter Korea tulisan tangan 'ㅈ'," ungkap laporan yang disajikan oleh organisasi yang berbasis di Britania Raya tersebut.

CAR sendiri telah melakukan analisis sisa-sisa rudal balistik yang menghantam kota terbesar kedua Ukraina, Kharkiv, pada 2 Januari 2024 lalu.

Pihaknya mengatakan mereka tidak menemukan karakter Korea tambahan dalam komponen-komponen lain.

Dengan merujuk pada temuan lain, seperti aktuator sirip jet yang khas, pola baut di sekitar pemicu, dan penandaan ulang angka 112, laporan tersebut menyimpulkan bahwa rudal tersebut kemungkinan adalah KN-23 atau KN-23 yang diproduksi di Korea Utara.

Angka yang diulang-ulang ini tampaknya merujuk pada pabrik "11 Februari" di Korea Utara, tempat di mana rudal-rudal tersebut dilaporkan dirakit, atau tahun 2023 dalam kalender Juche Korea Utara, tambahnya.

Baca juga: Kiev Makin Miskin Amunisi, Rusia Bombardir Ukraina Dengan Rudal Jadul Buatan Korea Utara

"Penggunaan amunisi Korea Utara oleh Rusia adalah suatu bukti atau demonstrasi dari dukungan negara tersebut dalam upaya perang di Ukraina, bahkan dengan mengorbankan rezim nonproliferasi global," kata laporan CAR tersebut.

Sementara itu dalam laporan lainnya, Guggajeongbowon atau National Intelligence Service yang merupakan agensi mata-mata Korea Selatan juga mengklaim bahwa senjata buatan Korea Utara digunakan oleh kelompok militan Hamas dalam perangnya melawan Israel.

Putin Dikabarkan segera ke Korea Utara

Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin dengan Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son-hui telah menggelar pertemuan di Moskow pada Senin (15/1/2024) lalu.

Pertemuan ini menjadi agenda Choe Son-hui yang melakukan perjalanan luar negeri mandiri pertamanya sejak naik jabatan pada Juni 2022 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat