androidvodic.com

Israel Curi Barang-barang Antik dari Gaza, Dipajang di Knesset dan Dipamerkan di Media Sosial - News

News - Foto dan video yang diterbitkan pekan lalu oleh kepala Otoritas Purbakala Israel menunjukkan militer Israel mencuri artefak dari Gaza yang kemudian dipajang di parlemen Israel, yang dikenal sebagai Knesset.

Dilansir Middle East Eye, pada 21 Januari, Eli Askozido, direktur Otoritas Barang Antik Israel, menerbitkan serangkaian postingan di akun Instagram-nya.

Ia mengatakan bahwa wakilnya pergi ke Gaza untuk memeriksa barang antik, yang sekarang dipajang di Knesset.

Salah satu keterangannya yang menyertai foto barang-barang yang dijarah tersebut berbunyi:

“Sebuah etalase kecil ditempatkan di Knesset.”

Dalam video lainnya, ia menjelaskan bahwa militer Israel menghubungi pihak berwenang untuk memeriksa gudang yang penuh barang antik di Gaza.

Video tersebut memperlihatkan sebuah gudang yang dipenuhi vas, sebagian di rak dan sebagian lagi di lantai sementara tentara berkeliaran.

Beberapa artefak rusak dengan retakan yang terlihat.

Menurut media Israel, dalam salah satu video, seorang tentara Israel terdengar memanggil tentara lainnya dan berkata, “apakah kau melihat gelangnya? Ayo lihat gelangnya.”

Askozido kemudian menghapus postingan tersebut.

Ia mengeluarkan pernyataan dalam bahasa Ibrani pada Senin (22/1/2024) dan mengaku bahwa barang-barang tersebut hanya diperiksa dan dibiarkan di tempat.

Baca juga: Israel Dicap Lakukan Genosida Budaya setelah Ledakkan Universitas di Gaza, Videonya Viral

“Otoritas Purbakala Israel dipanggil oleh tentara Israel untuk memeriksa sebuah gudang di Gaza yang berisi barang-barang antik, atau barang-barang yang tampaknya kuno."

"Pemeriksaan pendahuluan dilakukan oleh seorang arkeolog dan laporan tertulis akan diserahkan kepada tentara Israel nanti,” bunyi postingan di Instagram story-nya.

Postingan tersebut dikecam oleh aktivis pro-Palestina, Khaled Yousry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat