androidvodic.com

Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Rusia, Ternyata Isinya 65 Tawanan Perang Ukraina, Semuanya Tewas - News

Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Rusia, Ternyata Isinya 65 Tawanan Perang Ukraina, Semuanya Tewas

News- Sebanyak 65 tawanan perang Ukraina tewas dalam kecelakaan pesawat Rusia.

Pesawat militer IL-76 sedang mengangkut 65 anggota militer yang ditangkap untuk pertukaran tawanan lebih lanjut, kata Kementerian Pertahanan.

Sebuah pesawat angkut berat Rusia yang membawa beberapa puluh tawanan perang Ukraina jatuh di Wilayah Belgorod, yang berbatasan dengan Ukraina, Moskow telah mengkonfirmasi. Gubernur setempat Vyacheslav Gladkov mengatakan semua penumpang tewas.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Rabu, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa sebuah pesawat kargo IL-76 yang membawa 65 anggota layanan Ukraina yang ditangkap serta enam anggota awak dan tiga orang yang menemani tawanan perang jatuh dalam penerbangan yang telah direncanakan sebelumnya sekitar pukul 11 ​​​​pagi waktu setempat. Ia menambahkan bahwa para tahanan diangkut ke wilayah Belgorod untuk pertukaran.

Pejabat pertahanan juga mencatat bahwa Moskow telah mengirimkan komisi untuk mengetahui penyebab insiden tersebut.

Saluran Telegram 112, mengutip sebuah sumber, sebelumnya melaporkan bahwa kecelakaan itu terjadi di dekat desa Yablonovo, sekitar 90 km dari perbatasan.

Baca juga: Pesawat Kargo Militer Ilyushin-76 Jatuh, Rusia: Bawa Tahanan Ukraina, Semua Penumpang Tewas

Sementara itu, surat kabar Ukrainskaya Pravda yang berbasis di Ukraina melaporkan, mengutip sumber-sumber di militer Kiev, bahwa pesawat tersebut telah dihancurkan oleh pasukan Ukraina, mengklaim bahwa pesawat tersebut membawa rudal pertahanan udara S-300 dan bukan membawa tahanan.

Beberapa menit kemudian, mereka menghapus penyebutan peran Kiev dalam jatuhnya pesawat tersebut, dan hanya menyatakan bahwa sumber militernya telah mengkonfirmasi jatuhnya pesawat tersebut.

Anggota parlemen Rusia Andrey Kartapolov mengatakan bahwa dua pesawat telah membawa tawanan perang Ukraina, dan bahwa Moskow harus segera mengalihkan IL-76 kedua, yang membawa 80 tentara yang ditangkap, keluar dari zona bahaya.

Legislator menyatakan bahwa Kiev mengetahui tentang pertukaran yang akan terjadi dan telah diberitahu tentang rute penerbangan, menambahkan bahwa meskipun ada peringatan, pesawat tersebut ditembak jatuh oleh tiga rudal anti-pesawat yang ditembakkan dari Patriot buatan AS atau IRIS-T buatan Jerman.

Kartapolov menegaskan bahwa mengingat tragedi ini, pertukaran tahanan apa pun “tidak mungkin dilakukan untuk saat ini,” dan menunjukkan bahwa Kiev telah melakukan serangan tersebut untuk menggagalkan pertukaran tersebut.

Tak ada yang Selamat, Semua Tewas

Rusia mengatakan jet militer yang membawa 65 tawanan perang Ukraina jatuh di dekat Ukraina.

Sebuah pesawat militer Rusia yang membawa 74 orang di dalamnya, termasuk 65 tawanan perang Ukraina, jatuh pada hari Rabu di wilayah Belgorod Rusia dekat perbatasan dengan Ukraina, kata Kementerian Pertahanan Rusia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat