androidvodic.com

7 Destinasi Wisata Unggulan di Arab Saudi yang Dibuka Tahun 2024, Al-Ula hingga Wadi Al Disah - News

News - Pengunjung mancanegara berbondong-bondong berwisata ke Arab Saudi untuk menjelajahi kekayaan sejarah negara Timur Tengah tersebut.

Negara ini menyimpan pemandangan menakjubkan, mulai dari enam situs Warisan Dunia UNESCO hingga pertunjukan seni, hotel mewah, museum, serta medan alam yang megah, yang jelas memikat pelancong.

Arab Saudi telah menonjol sebagai daya tarik wisata utama di kawasan ini, menurut laporan Barometer Pariwisata Dunia PBB baru-baru ini.

Pada tahun 2023, Arab Saudi mencatat jumlah peningkatan wisatawan yang datang sebesar 156 persen dibandingkan tahun 2019.

Terletak di jantung Semenanjung Arab, Arab Saudi menawarkan perpaduan tradisi kuno dengan kemajuan modern.

Jika tertarik mengunjungi Arab Saudi tahun ini, dan menjelajahi pasar yang ramai, situs kuno, masjid, atau Laut Merah, ada beberapa tempat wisata yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Simak daftar destinasi wisata menonjol di Arab Saudi berikut ini, dikutip dari Al Arabiya.

  1. Al-Ula

    Sebagai tujuan wisata terkenal di dunia, Al-Ula memadukan warisan manusia dan alam yang luar biasa.

    Kota oasis Arab kuno yang terletak di Provinsi Medina memberikan wisatawan kesempatan untuk merasakan museum hidup yang terdiri dari makam yang diawetkan, singkapan batu pasir, tempat tinggal bersejarah, dan monumen, baik alam maupun buatan.

    Al-Ula menyimpan lebih dari 200.000 tahun sejarah yang sebagian besar belum dijelajahi dan sering menjadi tuan rumah festival budaya, seni, dan musik, sehingga menjadikannya tempat yang sempurna bagi wisatawan yang ingin merasakan sejarah dan perayaan modern.


    Baca juga:
    Saudi akan Buka Toko Miras untuk Konsumsi Diplomat Nonmuslim

    Al-Ula juga memiliki beberapa formasi batuan yang menakjubkan, termasuk batu Gajah megah yang dinamai berdasarkan kemiripannya dengan gajah.
  2. Rijal Almaa Heritage Village

    Terkenal dengan arsitektur bersejarah, pemandangan indah, dan cuaca menyenangkan, Desa Bersejarah Rijal Almaa terletak sekitar 50 kilometer dari kota Abha, memiliki sejarah berusia 900 tahun.

    Ditunjuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, daya tarik terbesar desa ini adalah Museum Rijal Almaa yang menampilkan kekayaan sejarah dan budaya desa.

    Kompleks museum terdiri atas bangunan berwarna-warni yang terbuat dari batu, tanah liat, dan kayu.

    Desa ini juga dikelilingi oleh tempat wisata lainnya, antara lain Taman Al Sahab, Air Terjun Tanomah, dan Anjungan Pandang Al Soudah.
  3. The Edge of the World

    Terletak di dekat Riyadh, situs ini telah menjadi tujuan wisata unggulan di Arab Saudi karena pemandangan panorama dan tebingnya yang megah.

    Ketika berdiri di atas tepian setinggi 1.000 kaki ini, wisatawan dikelilingi oleh pemandangan cakrawala yang menakjubkan, menciptakan kesan bahwa mereka sebenarnya sedang berdiri di ujung dunia.

    Juga dikenal sebagai Jebel Fihrayn, keajaiban geologis di gurun berbatu ini adalah lokasi wisata yang sempurna bagi pecinta alam yang mencari pemandangan cakrawala tanpa gangguan.
  4. Al-Balad atau Jeddah Lama

    Juga dikenal sebagai Jeddah Lama, Al-Balad adalah Situs Warisan Dunia Abad Ketujuh yang menarik.

    Terletak di pantai timur Laut Merah, Al-Balad adalah pusat komersial Jeddah hingga ledakan minyak pada tahun 1970-an.

    Saat ini kota ini terkenal dengan arsitektur kuno, budaya yang dinamis, pasar yang ramai, dan bangunan bersejarah. Rumah-rumah berusia berabad-abad dibangun dengan batu karang dan dihiasi dengan jendela berkisi-kisi.

    Dulunya merupakan pelabuhan yang menyalurkan barang ke Makkah dan pintu gerbang bagi peziarah Muslim, lokasi wisata utama ini dengan sempurna mengabadikan sejarah Arab Saudi.
  5. Benteng Masmak

    Sebuah keajaiban arsitektur Saudi, Benteng Masmak yang berusia 150 tahun yang ikonik terletak di Riyadh, memiliki kekayaan sejarah dan desain yang indah.

    Benteng yang kini diubah menjadi museum ini menampilkan karya seni dan foto abad ke-20.

    Pengunjung dapat menjelajahi ruangan-ruangan benteng dan merasakan sejarah Kerajaan yang membantu membentuk Arab Saudi saat ini.
  6. Masjid Terapung Al-Rahmah

    Masjid Al-Rahmah, juga dikenal sebagai masjid terapung di Jeddah, adalah sebuah karya arsitektur megah yang dibangun pada tahun 1985 di Laut Merah. Masjid putih indah yang dihiasi unsur Islam dan kubah putih pirus menjadi daya tarik wisata utama.

    Bangunan ini buka 24/7, tetapi waktu ideal untuk berkunjung adalah saat matahari terbenam dan malam hari saat masjid menyala dan tampak melayang di atas air pasang Laut Merah.
  7. Wadi Al Disah

    Terletak di wilayah pegunungan Arab Saudi dekat Tabuk, Lembah Al Disah adalah salah satu tempat wisata terbaik di negara ini.

    Lembah ini menampung kumpulan tiang-tiang batu pasir yang epik, terletak di sebuah lubang yang luas.

    Wadi Al Disah, yang berarti “Lembah Pohon Palem” adalah keajaiban geologis dimana wisatawan dapat menggunakan kesempatan ini untuk mendaki, berkemah, atau mengatur piknik.

(News, Andari Wulan Nugrahani)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat