androidvodic.com

Diblokade di Laut Merah, Kapal-kapal Israel Pakai Pelabuhan UEA dan Bahrain, Lewat Saudi & Yordania - News

Diblokade di Laut Merah, Kapal-kapal Israel Pakai Jalur UEA & Bahrain, Lewat Saudi & Jordania

News- Selama negara-negara Arab tidak kompak dalam menghentikan Genosida di Gaza, Israel tidak mengalami masalah dalam menghadapi blokade Laut Merah oleh Yaman.

Saat jalur lewat Laut Merah diblokade Yaman, kapal-kapal Israel masih bisa melewati jalur lain tanpa perlu mengelilingi Benua Afrika.

Jalur yang dimaksud adalah jalur pelabuhan Dubai Uni Emirates Arab dan pelabuhan Bahrain, lalu lewat jalur darat melalui Arab Saudi dan Jordania.

Arab Saudi, Bahrain, UEA, dan Yordania membantu israel dalam mengatasi masalah blokade laut oleh Yaman. Kapal-kapal israel yang tidak bisa lewat Laut Merah dan Terusan Suez merapat ke Bahrain dan UEA. Mereka menurunkan muatan di pelabuhan Bahrain dan UEA, kemudian diangkut oleh truk-truk melalui jalur darat lewat Arab Saudi menuju israel melewati Yordania.

Baca juga: Militan Houthi Usir Staf AS, Inggris dan PBB dari Ibu Kota Yaman, Diberi Tenggat Satu Bulan

Dikutip dari media Israel, ynet, untuk membawa membawa produk impor dan juga untuk ekspor, Israel bisa melakukannya via Pelabuhan Dubai Uni Emirates Arab dan Bahrain lalu dilanjutkan lewat jalur darat melalui Arab Saudi dan Yordania.

Beginilah cara perusahaan-perusahaan Israel menerobos blokade Houthi – dengan bantuan Arab Saudi dan Yordania.

Di tengah perang, kedua kerajaan membantu Israel mengatasi kepungan milisi teroris di Laut Merah: alih-alih mengelilingi Afrika dan mencapai Israel melalui rute yang panjang dan mahal, perusahaan pelayaran Israel membongkar muatan di pelabuhan Teluk Persia - dan dari sana barang tiba di Israel dengan truk melalui Arab Saudi dan Yordania. “Importir yang ingin punya waktu membawa barang untuk Paskah tidak punya pilihan," tulis ynet.

Baca juga: Irak Membantu Yaman Blokade Laut kepada Israel, Ancam Rusak Pelabuhan Israel Sampai Tak Berfungsi

Perusahaan pelayaran Israel telah menemukan cara kreatif untuk menghindari blokade maritim yang diberlakukan oleh Houthi terhadap Israel: mereka mengarahkan kapal dari timur ke pelabuhan Bahrain dan Dubai, dan dari sana barang diangkut dengan truk melalui Arab Saudi dan Yordania ke Israel. Menurut perkiraan industri, dalam sebulan terakhir puluhan truk tersebut mendarat dan membawa barang-barang yang sebelumnya tiba melalui laut melalui Laut Merah.

Jalan pintas yang kreatif akan memungkinkan pengiriman barang ke Israel sebelum Paskah. Setelah blokade Houthi, perusahaan pelayaran mulai mengelilingi Afrika Selatan dan mencapai Israel melalui Laut Mediterania. Perusahaan Tiongkok Cuzco telah mengumumkan bahwa mereka berhenti berlayar ke Israel - dan ini bukan satu-satunya.

Mereka yang terus berlayar ke Israel telah memperpanjang perjalanan selama satu bulan atau lebih karena adanya jalan pintas. Perusahaan-perusahaan lain yang mengelilingi Afrika Selatan menolak untuk berlayar langsung ke Israel karena takut akan balas dendam Houthi dan membongkar kiriman di pelabuhan-pelabuhan sepanjang perjalanan seperti Piraeus di Yunani atau pelabuhan-pelabuhan di Italia.

Ini semakin memperpanjang waktu pengiriman. Sumber di industri mengatakan bahwa perusahaan pelayaran takut diserang oleh Houthi dan memilih untuk tidak menurunkan muatan sama sekali dari Israel.

Boikot Houthi tidak hanya melanda Israel dan menyebabkan kerusakan parah pada rantai pasokan pabrik-pabrik di Eropa. Pembuat mobil listrik Tesla mengumumkan akan menutup pabriknya di Berlin selama dua minggu karena kekurangan komponen setelah beberapa perusahaan pelayaran harus mencari rute pelayaran alternatif dan lebih panjang daripada Laut Merah.

Salah satu perusahaan yang menemukan jalan keluar dari boikot Houthi adalah Mentfield Logistics, yang dianggap sebagai salah satu perusahaan pelayaran dan logistik terkemuka di Israel dengan perwakilan di seluruh dunia.
Berkoordinasi dengan duta besar Israel di Bahrain Eitan Neah, kapal-kapal dari Tiongkok dan India diarahkan ke pelabuhan di Bahrain dan Dubai - tempat barang-barang dibongkar dan dimuat ke truk Saudi dan Yordania.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat