androidvodic.com

AS Setujui Penjualan Jet Tempur F-16 ke Turki, Bisa Perkuat Militer di Tengah Konflik Timur Tengah - News

News - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden secara resmi melanjutkan penjualan 40 jet tempur F-16 ke Turki pada Sabtu (27/1/2023).

Penjualan jet tempur canggih seharga 23 miliar dolar AS itu akhirnya diselesaikan Amerika tepat setelah Ankara meratifikasi keanggotaan Swedia di dalam Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Tak hanya jet tempur F-16, dalam kesepakatan tersebut Departemen Luar Negeri turut mengesahkan penjualan 80 peralatan tempur modernisasi untuk memperkuat basis militer Turki,

Kesepakatan ini menjadi langkah besar yang pernah dicapai antara pemerintah Amerika dan Turki.

Mengingat proses penjualan jet tempur ini sempat tertunda lama tepatnya sejak tahun 2021 silam, hingga membuat hubungan Turki dan Amerika merenggang.

Ratifikasi Swedia Jadi Alasan

Dilansir Al Jazeera, sebelum kesepakartan ini diteken, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan awalnya keberatan dengan upaya Swedia bergabung menjadi anggota NATO.

Erdogan menilai bergabungnya Swedia sama dengan menerima kelompok Kurdi yang dianggap Ankara sebagai organisasi "teroris".

Namun Amerika Serikat mengatakan pihaknya tidak akan memberi lampu hijau pada transaksi tersebut sampai instrumen ratifikasi atas keanggotaan Swedia disepakati Turki.

“Amerika Serikat tidak memberi lampu hijau pada transaksi tersebut sampai instrumen ratifikasi Turki atas keanggotaan Swedia tiba di Washington,” kata seorang pejabat AS.

Desakan AS secara tidak langsung memaksa Presiden Erdogan menyetujui Swedia bergabung menjadi bagian dari NATO menyusul negara besar Eropa lainnya.

Baca juga: Turki Telah Menyetujui Masuknya Swedia Menjadi Anggota NATO, Tinggal Hongaria yang Belum Menyetujui

Setelah sebelumnya permintaan Swedia menjadi bagian dari NATO tertunda selama 20 bulan.

Dengan syarat ratifikasi Swedia, Presiden Biden dan Kongres AS akhirnya sepakat untuk menyetujui penjualan senjata "tanpa menunda”.

“Persetujuan saya terhadap permintaan Turki untuk membeli pesawat F-16 bergantung pada persetujuan Turki atas keanggotaan Swedia di NATO. Namun jangan salah: Ini bukanlah keputusan yang saya anggap enteng,” kata Senator Partai Demokrat Ben Cardin, ketua Senat Luar Negeri. Komite Hubungan, salah satu dari empat komite utama yang perlu menyetujui transfer senjata.

Turki Jadi Kekuatan Utama di Timur Tengah

Lewat kesepakatan penjualan 40 jet tempur F-16 beserta 80 peralatan tempur modernisasi, basis militer Turki dapat kembali menguat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat