androidvodic.com

Tanda Kian Jelas, Israel Segera Serang Lebanon: Tumpuk Logistik di Perbatasan Buat Lawan Hizbullah - News

Tanda-Tanda Makin Jelas, Israel Segera Serang Lebanon: Sudah Latihan, Tumpuk Logistik di Perbatasan

News - Tentara Israel (IDF) dilaporkan menunjukkan tanda-tanda segera menyerang Lebanon dalam target baru melemahkan milisi perlawan HIzbullah.

Disebut-sebut, IDF ingin HIzbullah mundur sejauh mungkin dari perbatasan, utamanya dari Sungai Litani.

Baca juga: Media Israel: IDF Gagal Pukul Mundur Pasukan Khusus Radwan Hizbullah Melewati Sungai Litani

Sejauh Perang Gaza, Hizbullah kian intensif menyerang wilayah dan entitas pendudukan Israel dari seberang perbatasan.

Israel membalas, juga dengan intensitas tinggi namun secara parsial ke sejumlah wilayah Lebanon

Pun, aksi Hizbullah tetap menunjukkan banyaknya kerusakan yang diterima Israel yang lagi menghadapi Perang Gaza melawan milisi perlawanan Palestina di Gaza, Hamas dan gerakan lainnya.

Belakangan, pukulan Hizbullah ini tampaknya membuat pemerintah Israel disebut-sebut memutuskan melancarkan perang skala penuh ke Lebanon.

Baca juga: 100 Ribu Tentara Israel di Perbatasan Utara Siap Serbu Lebanon, Hizbullah Sambut Pakai Rudal Duluan

Pejuang Hizbullah Lebanon berparade selama tur pers di desa Aaramta, Lebanon selatan, pada 21 Mei 2023, menjelang peringatan penarikan mundur Israel dari Lebanon.
Pejuang Hizbullah Lebanon berparade selama tur pers di desa Aaramta, Lebanon selatan, pada 21 Mei 2023, menjelang peringatan penarikan mundur Israel dari Lebanon. (ANWAR AMRO / AFP)

Sudah Gelar Latihan Perang

Tanda segera hadirnya front kedua dari perang yang melibatkan Israel secara langsung, satu di antaranya ditunjukkan dengan latihan perang yang IDF gelar di perbatasan utara.

Dilansir Sputnik, IDF menyatakan telah melakukan latihan untuk meningkatkan kesiapan di perbatasan utara.

“Pada minggu lalu, Komando Utara melakukan pelatihan intensif untuk meningkatkan kesiapan tempur di perbatasan utara. Sebagai bagian dari program pelatihan baru-baru ini untuk batalyon cadangan di front utara, tentara dari Brigade Pasukan Terjun Payung Utara (226) dan pasukan Teknik Tempur melakukan pelatihan intensif. Latihan ini mempersiapkan pasukan untuk bertempur di daerah perkotaan yang padat penduduknya, kondisi cuaca musim dingin, dan di daerah utara,” kata IDF melalui Telegram.

IDF mengatakan pelatihan tersebut menggabungkan pasukan tank, teknik tempur, infanteri dan artileri.

Baca juga: Ancaman Hizbullah Bukan Isapan Jempol, Keamanan Israel: 1.500 Roket Bakal Hantam Tel Aviv Tiap Hari

Tank Merkava Israel meluncur di jalan di pinggiran kota utara Kiryat Shmona dekat perbatasan dengan Lebanon pada 8 Oktober 2023. Hizbullah Lebanon dan Israel mengatakan mereka saling baku tembak lintas batas pada 8 Oktober, saat Israel melawan pejuang Hamas, di sisi selatannya sehari setelah pejuang Palestina menyerbu perbatasan Gaza. (JALAA MAREY / AFP)
Tank Merkava Israel meluncur di jalan di pinggiran kota utara Kiryat Shmona dekat perbatasan dengan Lebanon pada 8 Oktober 2023. Hizbullah Lebanon dan Israel mengatakan mereka saling baku tembak lintas batas pada 8 Oktober, saat Israel melawan pejuang Hamas, di sisi selatannya sehari setelah pejuang Palestina menyerbu perbatasan Gaza. (JALAA MAREY / AFP) (AFP/JALAA MAREY)

Tumpuk Logistik di Perbatasan

Persiapan ini mengonfirmasi Channel 24 News Israel yang mengabarkan IDF melakukan transportasi besar-besaran logistik perang ke perbatasan.

"Jika upaya diplomatik gagal, Israel akan menyerang Lebanon selatan dan memaksa Hizbullah keluar dari Sungai Litani," tulis laporan itu.

Hizbullah menolak gencatan senjata lebih dari sebulan yang lalu dan secara teratur menargetkan fasilitas militer di Israel utara.

Baca juga: Israel Pakai Bom Fosfor Putih ke Lebanon, Drone Hizbullah Balas Hantam Iron Dome

Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin.
Sebuah F-35 Lightning II melesat melintasi langit saat melakukan manuver menuju landasan pacu Pangkalan Angkatan Udara Eglin. (Foto Angkatan Udara AS/Samuel King Jr.)

AS Pasok Jet Tempur F-35 dan F-15

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat