androidvodic.com

3 Rudal Israel Serang Militan di Damaskus, 6 Pejuang Pro-Iran Tewas - News

News - Israel menyerang militan pro-Iran di Kota Damaskus, Suriah pada Senin (29/1/2024).

Serangan itu menewaskan delapan orang, termasuk dua pejuang Hizbullah, dua warga sipil dan satu pengawal keamanan perwira Garda Revolusi Iran.

“Tiga rudal Israel menargetkan pangkalan milik Hizbullah dan Garda Revolusi Iran di distrik Sayyida Zeinab di selatan Damaskus, menewaskan sedikitnya delapan orang,” kata Rami Abdel Rahman, direktur Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, kepada AFP, Senin.

Kementerian Pertahanan Suriah juga melaporkan adanya serangan udara yang dituduhkan dilakukan oleh Israel.

Pihaknya mengatakan serangan terjadi sekitar pukul 13.00 waktu setempat dan menargetkan beberapa lokasi di selatan Damaskus.

Sementara itu, kantor berita Iran melaporkan rezim Zionis (Israel) menargetkan pusat konsultasi Iran di wilayah Sayyida Zeinab.

Namun, Hossein Akbari, duta besar Iran untuk Suriah, membantah dalam sebuah postingan di media sosial bahwa sebuah pusat konsultasi telah diserang atau bahwa ada warga negara atau penasihat Iran yang menjadi martir dalam serangan tersebut.

Hizbullah mengumumkan Senin malam, dua pejuangnya tewas dalam perjalanan menuju Yerusalem.

Ungkapan itu merujuk pada anggotanya yang terbunuh oleh serangan Israel, tanpa rincian lebih lanjut.

Pada Desember lalu, dugaan serangan udara Israel terhadap Sayida Zeinab menewaskan Jenderal Iran SEED Razi Mousavi, seorang penasihat lama paramiliter Garda Revolusi Iran di Suriah.

Israel juga menargetkan agen Palestina dan Lebanon di Suriah selama beberapa tahun terakhir, dikutip dari AP News.

Baca juga: Iran Bantah Terlibat Serangan di Pangkalan Al-Tanf Suriah, Buntut Kematian 3 Tentara AS

Dalam beberapa tahun terakhir, Israel melakukan ratusan serangan terhadap sasaran di wilayah Suriah yang dikuasai pemerintah.

Meski demikian, Israel jarang mengakui tindakannya di Suriah, namun Israel mengatakan mereka menargetkan basis kelompok militan yang bersekutu dengan Iran, seperti Hizbullah Lebanon.

Sejak 2011, Suriah telah mengalami konflik berdarah yang telah menewaskan lebih dari setengah juta orang dan membuat jutaan orang mengungsi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat