androidvodic.com

Galaxy Leader, Kapal Pro-Israel yang Disita Houthi Jadi Objek Wisata Kebanggaan Yaman - News

News - Kelompok Ansarallah Houthi di Yaman mengubah kapal sitaan, Galaxy Leader, sebagai objek wisata bagi warga Yaman.

Kapal Galaxy Leader adalah kapal Inggris yang berhubungan dengan Israel, yang disita oleh Houthi pada 19 November 2023 sebagai protes agresi Israel terhadap Palestina di Jalur Gaza.

Diketahui, Inggris adalah salah satu sekutu Israel, selain Amerika Serikat (AS).

Houthi terus mengincar puluhan kapal di Laut Merah terkait Israel, Inggris, dan AS dengan rudal dan drone.

Kebanggaan Rakyat Yaman

Kapal Galaxy Leader yang disita oleh Houthi menjadi kebanggaan bagi rakyat Yaman, yang menyatakan dukungannya kepada Palestina, karena berhasil menyita kapal terkait Israel.

Bendera Yaman dan Palestina dikibarkan di kapal Galaxy Leader, dan spanduk bertuliskan slogan-slogan menentang AS dan Israel digantung di kapal.

Salah satu warga Yaman, Zubair al-Haidari dari Sanaa, rela melakukan perjalanan selama 5 jam dan menempuh lebih dari 200 kilometer dari Hodeidah untuk mengunjungi kapal Galaxy Leader.

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi kami sebagai warga Yaman bahwa angkatan bersenjata kami melakukan pekerjaan luar biasa ini untuk mendukung saudara-saudara mereka yang tertindas di Palestina dan Gaza,” kata Zubair al-Haidari kepada AFP, Senin (29/1/2024).

Zubair berlayar bersama sepuluh warga Yaman dari wilayah utara Sanaa, dengan perahu kayu kecil.

Mereka lalu mengambil foto dan video diri mereka sendiri saat mendekati kapal Galaxy Leader.

Baca juga: Catatan Serangan Houthi: 10 Kali Gempur Israel, 20 Kali Bombardir Kapal di Laut Merah

Warga Yaman lainnya, Muhammad Al-Baydani, menempuh perjalanan sekitar 400 kilometer dari Kegubernuran Al-Bayda ke Kegubernuran Al-Hudaydah.

Perjalanannya memakan waktu sekitar delapan jam.

Muhammad Al-Baydani mengatakan kapal Galaxy Leader yang disita oleh Houthi adalah sumber martabat dan kebanggaan bagi rakyat Yaman.

Seorang anggota biro politik Houthi, Hizam al-Assad, mengatakan antusiasme warga Yaman mengunjungi kapal itu adalah bukti keberanian melawan Israel.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat