androidvodic.com

Pangkalan Militer AS Kebobolan, Kenapa Markas Rahasia Tower 22 Tak Bisa Deteksi Drone Milisi Irak? - News

Pangkalan Militer AS Kebobolan, Kenapa Markas Rahasia Tower 22 Tak Bisa Deteksi Drone Milisi Irak?

News - Militer Amerika Serikat (AS) dilaporkan meluncurkan penyidikan terkait serangan berdarah yang menewaskan tentara mereka di Tower 22, sebuah pangkalan militer AS di wilayah Yordania, Minggu (28/1/2024).

Penyidikan itu guna mengetahui secara pasti mengapa hampir 350 tentara di Tower 22, tidak mampu menghentikan drone tersebut.

Dampak kebobolan ini terbukti fatal.

Serangan koalisi milisi perlawanan Irak (IRI) tersebut membuat puluhan tentara AS rontok, tiga di antaranya bahkan tewas seketika.

Baca juga: Tower 22, Pangkalan Strategis AS di Segitiga Suriah-Irak-Yordania Juga Kena Hantam Drone Milisi

Faktor yang Bikin Pangkalan Militer AS Kebobolan Serangan Drone

Dua pejabat pertahanan AS, yang berbicara tanpa mau disebutkan namanya, menjelaskan faktor-faktor yang mungkin menyebabkan drone tersebut luput dari pertahanan pangkalan militer.

Salah satu pejabat menjelaskan, ada sebuah pesawat tak berawak AS mendekati pangkalan itu pada waktu yang hampir bersamaan dengan kedatangan pesawat tak berawak penyerang tersebut.

Faktor lain adalah drone penyerang juga terbang rendah sehingga tidak terdeteksi.

Seputar Tower 22, Markas Rahasia

Koresponden Anadolu mengumpulkan informasi tentang Tower 22, tempat serangan dilakukan terhadap pasukan AS.

Dilaporkan Tower 22 terletak sangat dekat dengan Al-Tanf US Base, sebuah pangkalan militer AS di wilayah Suriah.

Terletak di ujung timur laut Yordania, Tower 22 punya peran penting dan strategis lantaran terletak di perbatasan dengan Suriah dan Irak.

"Pangkalan AS di Yordania ini digunakan untuk memberikan dukungan logistik kepada beberapa kelompok oposisi di Al-Tanf di Suriah dan pangkalan AS lainnya di utara untuk melawan aktivitas Iran di wilayah tersebut," tulis ulasan Anadolu.

Pangkalan tersebut menampung ratusan tentara AS, serta helikopter serang, pesawat transportasi, dan pelatihan serta kendaraan militer lapis baja.

Meski punya peran vital, Tower 22, cenderung tidak terkenal, cenderung dirahasiakan keberadaannya dan kurang mendapat perhatian karena lokasi kedekatannya dengan pangkalan Al-Tanf.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat