androidvodic.com

Begini Respons Kantor PM Netanyahu atas Usulan Hamas Gencatan Senjata 135 Hari, Dibagi 3 Tahap - News

Begini Respons Kantor PM Netanyahu atas Usulan Hamas Gencatan Senjata 135 Hari, Dibagi 3 Tahap

News- Menanggapi proposal komprehensif dari Hamas tersebut, para pejabat Israel mengatakan kepada Ynet pada hari Rabu bahwa mereka tidak dapat menerima diakhirinya perang.

Sementara itu, kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Times of Israel bahwa Tel Aviv "tidak memberikan tanggapan terhadap tuntutan Hamas selain pernyataannya tadi malam yang mengindikasikan bahwa pihaknya sedang mempelajari proposal tersebut."

Netanyahu akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, yang tiba di Israel setelah mengunjungi Arab Saudi dan Mesir, pada hari Rabu.

Hamas mengusul rencana Gencatan Senjata selama 135 Hari, mengarah pada berakhirnya Perang Israel di Gaza.

Hamas mengajukan perjanjian gencatan senjata tiga tahap, menuntut penarikan penuh Israel dari Gaza.

Kelompok perlawanan telah meminta Mesir, Qatar, Turki, Rusia, dan PBB untuk bertindak sebagai penjamin perjanjian gencatan senjata, menekankan bahwa tuntutan mereka tidak dapat dikompromikan dan bahwa hambatan apa pun dapat diselesaikan setelah negosiasi dimulai.

Baca juga: Hamas Usul Rencana Gencatan Senjata 135 Hari, Mengarah pada Berakhirnya Perang Israel di Gaza

Hamas, pada tanggal 6 Februari, menanggapi tawaran gencatan senjata yang diajukan oleh mediator Qatar dan Mesir dengan proposal tandingan yang menyerukan gencatan senjata 135 hari yang mencakup proses pertukaran tahanan tiga langkah, penghentian semua operasi militer oleh pihak yang bertikai, dan penghentian operasi militer oleh pihak-pihak yang bertikai. Penarikan penuh pasukan Israel dari Gaza, masuknya bantuan kemanusiaan tanpa batas ke jalur tersebut, dan diakhirinya serangan kekerasan pemukim ke Masjid Al-Aqsa.

Perjanjian ini bertujuan untuk menghentikan operasi militer timbal balik antara kedua pihak, mencapai ketenangan yang menyeluruh dan berkelanjutan, pertukaran tahanan antara kedua pihak, mengakhiri pengepungan di Gaza, membangun kembali, memulangkan penduduk dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal ke rumah mereka, dan menyediakan tempat berlindung dan bantuan bagi para pengungsi. seluruh penduduk di seluruh wilayah Jalur Gaza," bunyi pernyataan Hamas.

Proposal tersebut meminta Mesir, Qatar, Turki, Rusia, dan PBB untuk bertindak sebagai penjamin perjanjian tersebut.

Baca juga: Hamas Cs Setuju Klausul Proposal Gencatan Senjata, Siapa yang Bisa Jamin Israel Tak Ingkar?

Dibagi menjadi tiga tahap yang masing-masing berdurasi 45 hari, kesepakatan pertukaran tahanan pertama-tama akan mencakup pembebasan seluruh tawanan perempuan Israel, laki-laki di bawah 19 tahun, orang lanjut usia, dan orang sakit. Tawanan laki-laki yang tersisa akan dibebaskan pada tahap kedua, dan jenazah mereka yang terbunuh dalam pertempuran akan ditukar pada tahap ketiga.

Kelompok perlawanan juga menginginkan pembebasan 1.500 tahanan, sepertiga di antaranya akan dipilih dari daftar warga Palestina yang dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Israel.

Pada tahap pertama, Hamas menyerukan peningkatan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk memenuhi kebutuhan warga Gaza; rekonstruksi rumah sakit, rumah, dan fasilitas; reposisi pasukan Israel "jauh di luar" wilayah berpenduduk di Gaza untuk memungkinkan pemindahan tahanan secara aman; dan penghentian operasi pengintaian udara oleh Tel Aviv.

Sebelum tahap kedua dimulai, Hamas mengatakan diskusi tidak langsung harus dilanjutkan dengan tujuan untuk kembali “ke keadaan tenang sepenuhnya.” Selama 45 hari ini, pasukan Israel harus mundur “jauh di luar perbatasan seluruh wilayah Jalur Gaza” sementara rekonstruksi rumah dan infrastruktur penting diperkirakan akan diperluas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat