androidvodic.com

Profesor Sosiologi Universitas Bristol Dipecat karena Mengkritik Israel 2021, Menang di Pengadilan - News

Profesor Sosiologi Universitas Bristol Dipecat karena Mengkritik Israel pada 2021, Menang di Pengadilan

News- Pengadilan Inggris memutuskan mendukung profesor yang diberhentikan secara tidak adil karena pandangannya yang dinilai anti-Zionis.

David Miller, profesor sosiologi di Universitas Bristol, dipecat pada tahun 2021 karena mengkritik Israel.

Pengadilan Inggris memutuskan pada tanggal 5 Februari bahwa Profesor David Miller, yang diberhentikan dari jabatannya di Universitas Bristol pada tahun 2021 karena pandangan anti-Zionis, pada kenyataannya didiskriminasi dan diberhentikan secara tidak adil.

Keputusan yang mendukung kasusnya melawan universitas digambarkan sebagai keputusan penting.

Rahman Lowe Solicitors, firma hukum yang mewakili Miller, mengatakan keputusan tersebut merupakan “kemenangan yang signifikan,” dan menjadi preseden bagi mereka yang menganut keyakinan anti-Zionis untuk dilindungi secara hukum di tempat kerja.

“Prof. Miller berhasil mengklaim diskriminasi berdasarkan keyakinan filosofisnya bahwa Zionisme pada dasarnya adalah rasis, imperialis, dan kolonial, sebuah karakteristik yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Kesetaraan tahun 2010, di samping temuan pemecatan yang tidak adil,” kata firma hukum tersebut dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Anak Palestina Terpaksa Meminum Air Hujan yang Berlumpur karena Kurangnya Akses Air Bersih di Gaza

“Keputusan ini untuk pertama kalinya menetapkan bahwa keyakinan anti-Zionis dilindungi di tempat kerja,” tambahnya.

Keputusan tersebut dipuji oleh para aktivis sebagai kemenangan atas kebebasan berpendapat dan kebebasan akademik.

Miller dipecat pada tahun 2021 setelah dia mengatakan Israel ingin "memaksakan keinginannya di seluruh dunia." Setelah diberhentikan, dia mengajukan tuntutan terhadap Universitas Bristol atas pemecatan yang tidak adil dan diskriminasi.

Dia menjelaskan pada sidangnya bahwa pandangan anti-Zionis tidak sama dengan “antisemitisme” atau “rasisme.”

Miller juga menggambarkan Jalur Gaza sebagai penjara terbuka, dan mengatakan tidak mungkin Israel menjadi negara non-rasis.

“Saya sangat senang bahwa Pengadilan telah menyimpulkan bahwa saya dipecat secara tidak adil dan salah oleh Universitas Bristol. Saya juga sangat bangga bahwa kami telah berhasil menetapkan bahwa pandangan anti-Zionis memenuhi syarat sebagai keyakinan yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang Kesetaraan Inggris,” katanya pada hari Senin.

“Universitas Bristol menyatakan bahwa saya dipecat karena mahasiswa Zionis tersinggung dengan berbagai pernyataan saya, namun jelas dari bukti dari para saksi bahwa hal ini tidak benar, dan komentar saya bersifat anti-Zionis yang merupakan faktor penentu.”

Universitas Bristol membela penghentian Miller dalam sebuah pernyataan pada tanggal 5 Januari, namun mengatakan pihaknya sedang meninjau keputusan pengadilan.

Keputusan penting ini diambil ketika Israel berada di kursi panas atas tindakannya di Jalur Gaza, yang dianggap oleh banyak orang sebagai genosida.

Israel saat ini dituduh melanggar Konvensi Genosida 1948 dalam kasus yang dibawa Afrika Selatan ke Mahkamah Internasional (ICJ).

(Sumber: The Cradle)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat