androidvodic.com

Joe Biden Pikun! Presiden AS Bantah Ingatan Menurun Tapi Bingung Soal Presiden Mesir dan Meksiko - News

Joe Biden Pikun! Bantah Ingatan Menurun Tapi Bingung Soal Presiden Mesir dan Meksiko

News - Presiden Amerika Serikat, Joe Biden membalas pernyataan yang dibuat oleh Jaksa Khusus pemerintah federal, Robert Hur terkait hasil penyidikan kondisi mental, memori, dan pengelolaan sang Presiden terhadap dokumen rahasia negara.

Robert Hur menjalankan penyidikan terhadap kesehatan mental Joe Biden yang kini sudah berusia 81 tahun terkait tudingan kalau orang nomor satu di AS itu sudah tidak cakap lagi memimpin karena kondisi dan penurunan memori dan fisik lantaran faktor usia.

Penyidikan dijalankan karena dokumen rahasia negara yang seharusnya hanya berada di tangan Biden, juga diketahui oleh orang lain di lingkup internalnya.

Baca juga: Rudal Burkan Hantam Barak IDF, AS ke Israel: Perang Besar Lawan Hizbullah Adalah Kesalahan Strategis

Dalam penyelidikannya, Hur menyimpulkan Biden sengaja membagikan informasi rahasia negara.

Namun, laporan Departemen Kehakiman AS yang dirilis pada Kamis (7/2/2024) menyatakan kalau Hur tidak merekomendasikan tuntutan pidana terhadap Biden.

Partai Republik yang telah meninjau berkas tersebut, termasuk mantan presiden Donald Trump, mengecam kesimpulan tersebut dan sistem peradilan karena tidak menuntut Biden, bahkan setelah Biden dinyatakan terbukti karena dianggap 'menyebar' rahasia negara.

Menanggapi temuan tersebut, Biden mengatakan dia bertanggung jawab atas kesalahan terkait dokumen tersebut.

Namun pada dasarnya, dia menyalahkan stafnya karena memindahkan barang-barang dari rumahnya tanpa "melihatnya secara pasti". Dalam arti, dokumen itu tersiar secara tidak sengaja.

Mengenai rekomendasi yang disarankan Hur terkait masalah ini, Biden dengan nada bercanda mengatakan, "Saya telah menjadi presiden dan saya telah mengembalikan negara ini ke keadaan semula, saya tidak membutuhkan rekomendasinya."

Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024.
Presiden AS Joe Biden berbicara pada Makan Malam First in the Nation Carolina Selatan di South Carolina State Fairgrounds di Columbia, Carolina Selatan, pada 27 Januari 2024. (Kent Nishimura / AFP)

Biden: Beraninya Dia Mengungkit Hal itu?

Laporan hasil penyidikan Hur juga mengkritik kesadaran mental Biden.

Hur dalam laporannya menggambarkan Joe Biden sebagai "pria lanjut usia dengan ingatan yang buruk", yang belakangan memicu pernyataan balasan dari sang presiden.

Terkait hal itu, Biden mengatakan dia "dalam kondisi baik dan tahu apa yang dia lakukan".

Laporan tersebut juga memunculkan sejumlah klaim dan contoh buruknya memori Biden saat ini, seperti saat sang presiden lupa ketika putranya, Beau, meninggal.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat